Walikota Samarinda Jadi Ketua Umum Aspeksindo Periode 2021-2024, Sanem Sebagai Sekjen

oleh -

BELITUNG – Walikota Samarinda Dr H Andi Harun resmi dikukuhkan sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) periode 2021 – 2024.

Dalam pemilihan Ketua Umum Aspeksindo yang digelar pada Jumat malam ( 8/10) dilakukan secara musyawarah, di Pendopo Tanjung Kelayang, Kab. Belitung.

Pemilihan Ketua Umum Aspeksindo dalam Munas Ke-2 nya, diusulkan dua calon kepala daerah yaitu Walikota Samarinda Dr H Andi Harun dan Bupati Panjam Paser Utara H. Abdul Gafur Mas’ud yang sebelumnya sebagai Ketua Umum Aspeksindo periode 2018 – 2021.

Sementara itu, Mantan Ketua Umum Aspeksindo H Abdul Gafur Mas’ud menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina, sedangkan Bupati Belitung H Sahani Saleh menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Aspeksindo.

Usai terpilih menjadi Ketua Umum Adpeksindo, Dr H Andi Harun mengucapkan banyak terima kasih kepada mantan ketua Aspeksindo yang saat ini menjadi ketua dewan pembina atas prakarsa yang telah membangun Aspeksindo dari awal, suka duka dan tantangan sehingga Aspeksindo hari ini cetar membahana.

Pada kesempatan itu, ia memaparkan visi dan misi kedepanya. Sedikitnya, ada 3 hal yang akan di jalankan selama 3 tahun kedepan. Sebelumnya, ia akan merevitalisasi penguatan organisasi sehingg bisa mengayomi, mengkoordinasikan kepada 333 anggota Aspeksindo di seluruh Indonesian.

Adapun tahapan atau tiga visi, misi yang bersifat jangka pendek dan jangka panjang adalah yang disampaikan:

  • Bersifat jangka pendek adalah bagaimana misi program sehingga menciptakan sinergi antara 333 daerah kepulauan dan pesisir dengan program pemerintah nasional sehingga program pembangunan dirasakan oleh 333 anggota Aspeksindo.
    “ Yang kami dengar ada beberapa angenda seperti mobilisasi hubungan terhadap rencana pembahasan RUU Kepulauan yang di inisiasi DPD,” katanya.
  • Kemudian, menyusun program-program strategis yang bersifat sektoral maupun bersifat strategis di semua mitra kerja Aspeksindo baik ditingkat Kementrian maupun Swasta dalam rangka meningkatkan potensi kelautan dan pesisir.
  • Selanjutnya, disamping menyelesaikan progran jangka pendek dan menengah bahwa kita harus menguatkan pondasi pembangunan poros maritim Indonesia yang digagas oleh Presiden.
    “ Keinginan kita menjadikan maritim sebagai sumber kekuatan ekonomi dan ketahanan di Daerah Kesatuan di Republik Indonesia,” terangnya.

Terkait visi dan misinya, Andi Harun menerangkan, untuk merealisasikan 3 prorgam tersebut, ia meminta Aspeksindo harus kompak. Selain itu, “Kita harus menyusun program yang realistis, bukan optimis, harus fokus dan kemudian bagaimana mendominasikan potensi keanggotaan, untuk melakukan kegiatan kerja yang bersifat jangka pendek hingga jangka panjang,” pungkasnya. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *