Gelar HJKM Ke 150 tahun, Camat Manggar Dorong Wirausaha Mandiri

oleh -

BELITUNG TIMUR – Hari Jadi Kota Manggar (HJKM) ke 150 tahun digelar di halaman Kantor Camat Manggar, Sabtu ( 9/10/21). Berdasarkan pantauan di lapangan, animo masyarakat cukup tinggi menghadiri perayaan puncak, meski cuaca sangat panas.

Adapun tema yang diusung pada HJKM ke 150 tahun 2021 adalah Tingkatkan Kekompakan menghadapi pandemi covid-19 dan menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui wirausaha yang mandiri.

IMG-20240621-WA0024

Plt Camat Manggar Abdul Rachim, menyebutkan ada banyak program yang di launching, salah satunya Warkop PATEN Kecamatan Manggar, merupakan upaya yang diberikan kepada masyarakat untuk menciptakan sistem pelayanan yang cepat akuntabel, transparan dan terpercaya untuk mengedepankan pelayanan.

Terangnya, mengedepankan pelayanan merupakan salah satu cara untuk menata kelola Pemerintahan yang baik di lingkungan Kecamatan Manggar.

Sehingga melalui program tersebut, pihaknya mencoba menterjemahkan wirausaha mandiri guna menciptakan lapangan pekerjaan yang tertuang dalam pembentukan UMKM.

Ia menyampaikan Umkm yang ada berjumlah 273 yang nantinya akan ditargetkan setiap tahun supaya bisa bertambah 10 persen, sehingga kedepannya akan tercipta peningkatan jumlah dan kualitas yang diharapkan.

“Kami memohon kepada bapak Bupati Belitung Timur agar bisa meresmikan pemotongan pita perdana satu ton madu,” kata Abdul Rachim dalam sambutannya, yang hari itu akan dilakukan pengiriman madu sebanyak 1 ton, dimana madu tersebut merupakan hasil budidaya petani yang tersebar di seluruh Beltim.

Sebanyak 1 ton madu tersebut merupakan madu trans trigona, asli Beltim, dihasilkan dari Kelompok Manggar Berdaya. Bebernya, 1 ton madu tersebut jika ditotal dalam bentuk uang kurang lebih Rp 140 juta.

Lanjutnya, apabila dibagi dengan pelaku pembudidaya sekitar 100 orang, setiap orang bisa menghasilkan sekitar Rp 1,4 juta dari hasil budidaya madu tersebut.

Untuk itu, ia berharap hal ini bisa terus ditingkatkan, karena permintaan madu dari luar hingga saat ini cukup tinggi, sehingga memberikan peluang dan semangat bagi Kelompok Manggar Berdaya.

“Ini bantuan bapak Gubernur (Babel) mesin pengurangan kadar air madu. Jadi nanti ketika ada permintaan dari pihak luar, kadar airnya mau 10 atau 20 persen bisa disesuaikan,” jelasnya, seraya menunjukkan sebuah mesin yang tak terlalu besar dan diletakkan di atas panggung.

Adapun rangkaian kegiatan yang digelar pada HJKM 150 tahun ini, selain launching Warkop PATEN juga launching pundok bace digital, bazzar produk ukm, pameran bonsai dan lain sebagainya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *