Presiden Jokowi Luncurkan Program Ekonomi Biru, Laut Sehat Indonesia Sejahtera, Pada Perayaan HUT KKP di Beltim

oleh -

BELITUNG TIMUR – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke 22, Presiden Jokowi meluncurkan Program Ekonomi Biru, Laut Sehat Indonesia Sejahtera di Belitung Timur melalui Video Tapping dan dirangkaikan dengan penayangan film ekonomi biru, Selasa (26/10/2021).

Ekonomi biru, laut sehat Indonesia sejahtera merupakan Implementasi ekonomi baru yang merupakan strategi dan terobosan KKP selama 25 tahun ke depan.

Acara peluncurannya diadakan di Pelabuhan Manggar, Belitung Timur di hadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono, Ketua Komisi IV Sudin, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Belitung Timur, Burhanudin.

Dalam peluncuran yang dilakukan secara virtual tersebut, Presiden Jokowi mengatakan, berbagai terobosan terus dilakukan oleh KKP mulai dari memanfaatkan potensi budidaya laut secara terukur sehingga tetap menjaga keseimbangan alam, ekonomi dan keanekaragaman hayati serta penguatan produksi unggulan ekspor dan pembangunan kampung-kampung budidaya yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan masyarakat nelayan dan pesisir.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya Provinsi Kepulauan Babel pada peringatan HUT KKP hari ini, lantaran Bangka Belitung sebagai simbol keanekaragaman hayati yang dimiliki, sehingga akan menjadi peluang secara berkelanjutan.

Tambahnya, KKP akan membangun sektor kelautan dan perikanan menjadi sektor terdepan penggerak ekonomi bangsa yang selalu mengedepankan keberlanjutan ekosistem sumber daya.

Ia menerangkan, definisi dari ekonomi biru adalah komitmen secara bersama untuk menjaga agar laut tetap sehat dan indah bagi generasi yang akan datang.

Dan, “Tahun 2022 akan menjadi tonggak sejarah, dimana kita akan melakukan yang terbaik untuk mengimplementasikan 3 terobosan KKP untuk menjadi program utama seperti penangkapan terukur, budidaya dan budidaya kearifan lokal,” tuturnya.

Untuk itu, ia mengharapkan dari seluruh pemangku kepentingan baik di Pusat maupun di Daerah untuk memajukan sektor Kelautan dan Perikanan sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional dan kesejahteraan bangsa. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *