Pemilihan Kades Dipercepat, Jadi Tanggal 31 Maret 2022

oleh -

BELITONG BETUAH – Persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 dimulai pada Februari, 31 Maret dilakukan pemilihan dan penetapan Kades terpilih pada 1 September 2022.

Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) dalam Rapat Persiapan Pilkades Serentak di Ruang Rapat Bupati, Rabu ( 26/1) mengatakan, pelaksanaan Pilkades tersebut waktunya dipercepat karena tahun 2022 Belitung, banyak melaksanakan agenda kegiatan seperti G-20, selain itu Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Sambungnya, meski pilkades serentak di percepat, tapi itu sudah berdasarkan ketentuan Permendagri, Perda dan Perbub Kabupaten Belitung.

Sanem menyampaikan jika sebelumnya masing-masing agenda pelaksanaaan dalam Pilkades memiliki rentang waku yang lama hingga lebih dari 1 minggu per kegiatan, maka ia memutuskan bahwa agenda dijadikan satu.

“Kite ini ada ngurusi G20 juga, berarti sebelum G20 Pilkades sudah selesai, jangan sampai sudah G20 tau-tau masih ngurusin desa. Kita ini sekarang sudah ngurusin dunia, bukan Desa lagi,” ujar Sanem.

Alasan lain, yang dilontarkan Sanem karena jumlah masyarakat di sebuah desa di Belitung hanya sedikit, jika di bandingkan dengan pulau Jawa perbandinganya satu desa di Belitung sama dengan satu RT di pulau Jawa.

Kemudian, nanti di Belitung akan ada beberapa desa yang akan dimekarkan menjadi sebuah desa yaitu di Air Rembikang, Tanjung Binga dan Trans Bali.

Terkait pemekaran, Sanem ungkapkan saat ini mereka baru melakuan pengajuan pemekaran, dan belum sampai dalam proses perlengkapan pemberkasan.

“Kita akan membina mereka untuk persyaratan dan melengkapi berkas yang akan disiapkan,” katanya.

Lanjut Sanem, saat ini pihaknya sudah berkomitmen serta kesepakatan untuk melakukan pemekaran desa. Setelah seluruh persyaratan itu sudah dipenuhi, nanti akan menurunkan tim dalam pembentukan desa.

“Kadang yang paling masalah itu biasanya batas desa. Jadi nanti tim itu turun untuk berkaitan dengan batas desa,” pungkasnya. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *