Pilkades Dipercapat, Agenda Pelaksanaan Disusun Ulang

oleh

BELITONG BETUAH – Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades) tahun ini, akan gelar pada 31 Maret 2022 nanti, dan proses pelaksanaannya dimulai Februari. Sedikitnya, ada 14 Desa yang akan melakukan perhelatan demokrasi tersebut, terdiri dari 4 Kecamatan yakni Tanjung Pandan, Sijuk, Badau dan Membalong.

Kepala Bidang Pemerintah Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Antonio Apriza mengatakan, Pendaftaran calon Kepala Desa dimulai pada bulan Februari 2022.

“Jadi sesuai arahan Bupati dan Forkopimda, Pilkades minta dipercepat karena terkait dengan pelaksanaan G20. Terkait dengan tahapan nanti akan kita rapatkan ulang, susun ulang agenda pelaksanaan,” terang Andonio Pariza, kepada BB, usai Rapat Persiapan Pelaksanaan Pilkades serentak di Ruang Rapat Bupati Belitung, Rabu (16/01/2022).

Sambungnya, meski agenda pelaksanaan Pilkades 2022 di percepat, tapi tetap ada beberapa tahapan yang tidak bisa dipercepat, contohnya pemutakhiran data.

Pemutakhiran data mempunyai rentetan daftar pemilih sementara yang wajib dimutakhirkan dan setelah itu diumumkan selama 14 hari di tempat umum sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat.

Lebih lanjut ia katakan, setelah 14 hari diumumkan, baru masuk dalam penetapan daftar pemilih tetap, termasuk nanti pada pencalonan. Untuk pencalonan yang paling krusial pada tahap pendaftaran yang akan dibuka selama 9 hari.

“Itu dak bisa dipersingkat jadi 7 hari, karena sesuai dengan regulasi yang mengatur 9 hari. Orang bisa mengajukan diri sebagai calon selama 9 hari,” terangnya.

Antonio menuturkan, sesuai dengan ketentuan dan regulasi calon yang bisa mengikuti Pilkades maksimal 5 orang. Bila lebih dari 5 orang, akan dilakukan seleksi dimana secara otomatis akan menambah waktu.

“Jadi itu yang akan kita susun ulang, tapi sesuai dengan instruksi pak Bupati, Forkopimda akan kita percepat. Insya Allah kalau bisa sebelum hari Raya Idul Fitri bisa untuk hari pemilihan,” katanya.

Selain itu, Antonio juga menyebutkan anggaran penyelenggaraan Pilkades sebesar Rp 1 Milyar, hal itu sudah termasuk alokasi untuk pengadaan kotak suara, surat suara, pengamanan dari Pol PP, TNI/Polri yang akan dilibatkan sebanyak 180 orang, pembuatan TPS dan pembayaran panitia Desa. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.