304 Ekor Sapi, Semalam Tiba Di Belitung Untuk Lebaran

oleh

BELITUNG, BELITONGBETUAH.com – Sebanyak 304 ekor sapi masuk ke Belitung untuk memenuhi kebutuhan daging jelang Lebaran, Selasa (19/04/2022).

Sapi – sapi itu, didatangkan dari Madura, tiba sekitar pukul 22.30 wib, di bongkar pukul 00.00 wib di Pelabuhan Pelindo Tanjung Pandan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Suparman mengatakan, sapi sebanyak itu untuk persiapan hari raya idul fitri dan tidak hanya untuk kebutuhan di Belitung saja, namun secara keseluruhan.

Cuma, semua sapi tersebut disembelih di rumah pemotingan hewan di Tanjung Pandan. “ Sebelum sapi di potong akan dilakukan pemeriksaan antemorten dan post mortem yang dilakukan oleh dokter hewan,” terang Suparman.

Lanjutnya, pemeriksaan antemortem adalah pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum di sembelih, sehingga daging yang dikonsumsi bagi masyarakat adalah daging yang benar-benar sehat dan berkualitas

Sedangkan pemeriksaan post-mortem bebernya memberikan jaminan bahwa karkas, daging, dan jeroan yang dihasilkan aman dan layak dikonsumsi, mencegah beredarnya bagian/jaringan abnormal yang berasal dari pemotongan hewan sakit.

“Sebelum di potong ada petugas, dokter hewan yang stand by di rumah potong hewan. Pokoknya sebelum pemotongan, hewan di periksa dulu. Ketika ada yang sakit itu akan di karantinakan,” ujar Suparman lagi.

Ia mengatakan bila di bandingkan dengan kebutuhan tahun lalu, tahun ini di perkirakan akan meningkat sekitar 15 persen. Tapi itu akan mulai terlihat pada H- 10. Di tahun lulu rata-rata selama bulan ramadhan sampai idul fitri, kurang lebih ada 275 sampai 300 ekor.

“Di H -10 itu, pemotongan di Jagal bebas. Artinya semua masyarakat boleh (motong), kalau sekarang cuma tukang potong saja yang biasa di pasar saja,” sebutnya.

Namun pada H – 10, pemotongan juga dilakukan di luar rumah potong hewan. Untuk menjamin kualitas daging “ Kami akan membentuk 3 tim untuk pemeriksaan antemorten dan post mortem,” pungkasnya. Arya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *