Pemkab Beltim Launching 13 Paket Wisata Batu Begalang, Apa Saja?

oleh -

BELTIM, BELITONGBETUAH.com – Pemkab Belitung Timur, launching 13 paket wisata Geosite Batu Begalang Desa Kelubi, Manggar pada Kamis (19/05/2022).

Haryoso, Asisten Administrasi Umum mewakili Bupati Beltim yang berhalangan hadir, mangatakan ditetapkan paket wisata Geosite Batu Begalang, menjadikan daerah itu sebagai salah satu Geosite dalam Geopark Belitong.

Sebutnya, hal itu berdasarkan keputusan Bupati Beltim pada 11 Mei 2022, masuknya geosite Batu Begalang dalam Geopark Belitong sebagai referensi destinasi wisata untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Beltim.

“Keberadaan paket wisata ini begitu penting dalam meningkatkan sektor pariwisata di Beltim yang bangkit dan berdaya. Bangkit dengan meningkatkan potensi pariwisata yang ada dan berdaya membangun daerah di sektor pariwisata berkelanjutan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dinamakan Batu Begalang dikarenakan terdapat batu di atas puncak bukit dengan posisi yang saling menyangga (Begalang) atau saling menahan antara batu satu dengan batu lainnya.

Masih di tempat yang sama, Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Evi Nardi menerangkan daya tarik yang dimiliki Geosite Batu Begalang memiliki kekayaan berupa Batu Mapan, batu hiu, batu begalang, batu belinang dan batu kemantauan.

Selain itu, Batu Begalang juga memiliki kekayaan berupa aneka flora dan fauna yang khas. Menurut Evi, kekayaan alam biologi dan kebudayaan lokal yang khas merupakan potensi, yang menjadi kekuatan dalam mengembangkan kepariwisataan geosite Batu Begalang itu sendiri.

Ia juga menyebutkan, kekhasan budaya yang ada berupa kesenian tradisional dan kuliner tradisional yang telah dikembangkan, berupa kerajinan, aneka kuliner dan madu tran, bagian dari ekonomi kreatif masyarakat.

Lebih lanjut ia katakan, gesosite Batu Begalang dikembangkan oleh kelompok pemuda pencinta alam Desa Kelubi. “Dengan kreatifitas yang dimiliki mereka kini telah membuat 13 paket wisata,” jelasnya. (Arya)

Adapun 13 Paket Wisata Yang Di- Launching

  1. Ngerute.
    Ngerute adalah artaksi Nabo Baner Kayu.
  2. Beranjuk De Utan yaitu aktivitas camping.
  3. Jelajah Pesona Alam Ngembulongen.
  4. Menjalanen yaitu atraksi memainkan nada dengan batu Kelingen.
  5. Bakul Randau yaitu Aktivitas menikmati Kuliner khas Batu Begalang.
  6. Nepong Menggale yaitu cooking class yang merupakan paket gastronomi.
  7. Nadus atau Nanam Nanas Dusun.
  8. Begambus yaitu menikmati pertunjukan kesenian tradisional menggunakan gambus.
  9. Tarian selamat datang.
  10. Neran yaitu aktivitas mengambil madu alam.
  11. Wali Pohon yaitu mewakili pohon kepada pengunjung.
  12. Ngango, berkunjung ke batu begalang dan,
  13. Pijak Urut Batu Begalang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *