Yuk Nonton, 13-17 Juni di Halaman Kantor Lurah Pangkal lalang, Ada Festival, Pastinya Seru!

oleh

TANJUNG PANDAN, BELITONGBETUAH. com – Festival Pangkal lalang 3 (tiga) pagi tadi, Senin (13/6) dibuka Bupati Belitung, Sahani Saleh, ditandai dengan pemukulan gong.

Digelar mulai tanggal 13 hingga 17 Juni 2022, dihalaman kantor lurah Pangkal Lalang, dengan mengusung tema “Tulak Balak, Menuju Masyarakat Selamat, Sehat dan Sejahtera”.

banner sidebar

Ditemui usai acara makan bedulang, Lurah Pangkalalang, Muhammad Lusin Kuswantoro, mengatakan, Festival ini digelar dengan mengangkat nilai – nilai Seni dan Budaya Belitong sesuai dengan tema “Tulak Balak” yang di usung.

Lusin menerangkan, tema tersebut sangatlah relevan dengan kondisi sekarang, mengingat dengan adanya pandemi covid-19. “Di Pangkalalang sendiri banyak korban (Covid), belum lagi masyarakat kita kena demam berearah (DBD),”kata Lusin kepada BB.

Selain itu, Tulak balak merupakan bagian dari tradisi masyarakat Belitong, dengan cara membacakan doa yang dilakukan oleh Dukun Kampong, supaya diberikan keselamatan dan keberkahan dari Yang Maka Kuasa, juga pada Festival tersebut diadakan tradisi “Narik Ketupat Lepas”.

Narik Ketupat Lepas ujar Lusin, sesuai simbol, mempunyai makna bahwa kita melepaskan diri segala bentuk mara bahaya di Kelurahan Pangkalalang sehingga masyarakat bisa sehat dan selamat.

“Sebagai mengulukan (mengajak) masyarakat untuk melestarikan budaya, maka lewat (festival) ini kite adekan berbagai lomba budaya kepada anak-anak, biar mereka tahu tentang budaya kite,” ujar Lusin.

Dalam festival tersebut, disampaikan Lusin berbagai kegiatan dan lomba Seni dan Budaya yang ditampilkan, seperti lomba sajian makan bedulang, lomba masak panggang bumbu, nanyi lagu daerah dan lomba bepantun serta lomba mewarnai bagi anak – anak Paud dan SD. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.