Khairil Tinjau Stand Beltim di Belitung Expo

oleh

BELTIM, BELITONGBETUAH. com – Wakil Bupati Beltim, Khairil Anwar usai menghadiri acara pembukaan Belitung Expo, Jumat ( 1 /7), langsung meninjau stand produk UMKM Belitung Timur yang turut berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Ditemui disela- sela kegiatanya, ia mengatakan, produk UMKM Beltim yang di pamerkan dan diperkenalkan dalam Belitung Expo, adalah produk unggulan dibeberapa desa yang mempunyai ikon sendiri, seperti Dodol Nanas Desa Air Madu, Madu Trans Trigona dari Desa Kelubi, dan Keripik Sukun dari Desa Baru.

Khairil berpendapat secara fisik dan rasanya, produk UMKM Beltim tak kalah dengan produk-produk yang ada di Belitung Expo, hanya saja para UMKM kita belum menyatu.

Karena itulah, ia menyarankan untuk lebih meningkatkan kualitas yang dibutuhkan pasar, kita harus lebih banyak mencari relasi baru agar bisa menemukan pangsa pasar yang cocok untuk produk UMKM Beltim.

Ia menyebutkan, upaya memdorong kebangkitan UMKM Beltim dengan melakukan berbagai macam terobosan, dalam hal ini harus dijabarkan oleh OPD-OPD terkait jika kita ingin berhasil. “Contohnya Belitung mereka kompak. Kite harus ada brand yang bisa kita angkat untuk Beltim,” imbuh Khairil.

Terkait hal tersebut, ia menuturkan langkah awal yang bisa dilakukan menumbuhkan UMKM yakni harus bisa menyatukan tekad untuk meningkatkan produk dan kualitas sehingga dapat bersaing, contohnya produk unggulan Beltim yang ada pada Belitung Expo.

“Masyarakat juga jangan tidak fokus, kita harus fokus, karena hasil laut kita terbesar di Provinsi, artinya dalam satu community saja kita sudah unggul, tinggal kemauan dan kemudian terobosan sehingga UMKM kita bisa bersaing,” sarannya.

Ungkap Khairil, sejak ia dilantik sebagai Wakil Bupati, dirinya selalu menyampaikan kepada Dinas yang membidangi UMKM agar bisa menyarikan relasi baru guna menumbuhkan UMKM Beltim.

Bahkan ia pun tidak mempermasalahkan jika mereka ingin melakukan perjalanan dinas keluar daerah, tapi setelah perjalanan dinas harus ada yang di dapat untuk diterapkan, jika tidak percuma sebab itu hanya akan menghabisi APBD.

Ia lalu menekankan kepada Dinas Koperasi dan UMKM agar bisa lebih getol mencari pasaran, sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan agar produk UMKM bisa tumbuh. “ Seperti apa yang dikatakan Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanam), jangan berharap apa yang akan kita dapat, tapi apa yang bisa kita beri untuk daerah,” pungkas Khairil, menyebutkan semangat motivasi dari sambutan Sanem pada pembukaan Belitung Expo. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.