Upaya Membangkitkan Gairah UMKM

oleh

Ditemui di pantai wisata Tanjung Pendam, Selasa sore ( 9/8), Adnizar Plt Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Belitung, tengah berkunjung ke beberapa stand yang akan ditempati para pelaku UMKM yang ikutan dalam ajang Pesona Belitung Beach Festival, pada 10-14 Agustus 2022.

Adnizar mengaku memang para pelaku UKM sejak pandemi melanda, keberadaannya sempat terpuruk, sehingga menurutnya dengan beberapa event yang digelar di Tanjun pendam, merupakan fasilitasi pemerintah untuk mendorong UMKM Belitung kembali tumbuh. ‘’Sekarang kita menuju UKM naik kelas, sehingga kita menginginkan supaya UKM-UKM itu agar terus ditingkatkan, terutama semangat mereka yang kemarin sempat terpuruk. Alhamdulillah pada Belitong Expo kemarin, peningkatannya luar biasa terutama dari segi omsetnya, kemudian dilanjutkan dengan event Belitung Creative Week dari Dinas Pariwisata dan besok ada Pesona Belitung Beach Festival,” terangnya.

Selain itu, nanti ujar Adnizar pada G-20 pada 7-9 September, juga akan melibatkan UKM. Walaupun mungkin tidak semua UKM terlibat khusus di G-20. ‘’ Jadi, pada G-20 kita mengambil sample, supaya teman-teman yang lainnya, yang belum dapat dilibatkan jangan patah semangat. Itu contoh, karena mereka sudah kita kurasi, perizinan langkap. Teman-teman lainnya kita harapkan dapat mencontoh, sehingga ketika apabila dibutuhkan ke depannya akan memudahkan UKM itu sendiri untuk meningkatkan diri,” kata Adnizar.

Sambungnya lagi, sekarang kita sedang menjajaki ranahnya ekonomi UKM berhubungan dengan dunia internasional. Diperjanjian-perjanjian internasional ini, tentu membutuhkan persayaratan-persyaratan. ‘’ Misalnya, mereka harus punya sertifikat halal. Terkait ini, kita kasih himbauan kepada teman-teman, jangan diremehkan. Sebab ini salah satu cara untuk meningkatkan mereka,’’ imbuhnya.

Tapi jelas Adnizar kalau ditanyakan mengenai semangat para UKM kita, mereka terus bangkit. Walaupun memang masih ada yang belum, namun pihaknya selalu berusaha untuk menggairahkan kembali agar para UKM kita tetap bangkit. ‘’ Kita terus berusaha, seperti sebelum-sebelumnya dimasa pandemi, kita bekerja sama dengan beberapa Perguruan. Nah, Penguruan Tinggi itu diantaranya memberikan pelatihan-pelatihan, bimbingan-bimbingan dan kiat-kiat bagaimana cara memasarkan produk mereka secara global, tentu berhubungan dengan digitalisasi, ‘’bebernya lagi.

Makanya kata Adnizar Pemkab Belitung, tetap menghimbau kepada para pelaku usaha, karena kedepannya digitalisasi merupakan hal yang sangat penting. “ Tanpa itu, kita selalu berpesan, teman-teman UKM bisa tergilas. Kalau sudah tergilas, mereka patah semangat, seolah-seolah tidak diperhatikan. Tapi Langkah-langkah Pemda sudah sangat maksimal,’’ sebut Adnizar.

Terakhir, ia menyampaikan harapan pemerintah, bahwa ke depannya akan menjadi catatan,’’ Untuk terus berbuat guna menumbuh kembangkan UKM. Namun, tanpa partisipasi yang komprehensif, Pemda dan UKM, susah kita. Jadi memang harus saling sinergi, karena tujuan Pemerintah untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat,’’ pungkasnya. (Yusnani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *