Pesona Belitung Beach Festival 2022, Gebrakan Awal Kebangkitan Pariwisata dan UMKM

oleh

Belitung punya gawai, namanya Pesona Belitung Beach Festival ( PBBF) yang diadakan dari 10-14 Agustus 2022 di kawasan wisata pantai Tanjung pendam. Bukan kaleng-kaleng, event ini masuk dalam Kharisma Event Nasional (KEN) dari program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, pada Rabu (10/8) serta dibanjiri ribuan pengunjung. Acara Pembukaan juga diisi dengan Parade Pelangi Budaya, ditampilkan oleh masyarakat yang tergabung dalam sanggar atau komunitas. Lintasan acara parade itu, dipenuhi oleh penonton pada sisi jalan, jadi kalau datang terlambat jangan mimpi dapat nonton di depan.

Antusias masyarakat luar biasa, panggung kecil yang berlatar belakang tulisan ‘’Pesona Belitung Beach Festival’’ dijadikan spot photo, secara bergantian. Pak Sanem, mendadak jadi selebritis, soalnya banyak ibu-ibu yang ingin berphoto dengannya. Bagaimana dengan Pak Sandi, jangan ditanya, yang ingin berpose bareng beliau, uh rebutan. Pesona dan kharisma Pak Menteri, merupakan momen untuk mengabadikan acara tersebut. Bagi mereka, Photo itu, sekarang dan kelak akan membingkai kenangan dalam waktu yang lama bersama dengan seorang Menteri.

Ditemui usai acara pembukaan, Sahani Saleh (Sanem) Bupati Belitung menyampaikan harapannya terhadap pagelaran PBBF,” Harapan dengan kegiatan ini, supaya bangkit kembali. Semangat dari pelaku-pelaku pariwisata dan UMKM kita. Jadi, ini gebrakan awal, selama ini gimanalah dengan pariwisata kita. Jadi dengan berbagai kegiatan, dan apalagi ditambah G20 lebih mengangkat secara menduniawi,” terangnya.

Terkait G-20 sendiri, Sanem juga membicarakan efeknya setelah itu selesai dilaksanakan. “ Yakin makin menggeliat. Yah, mungkin selama inikan baru wisnu ( wisatawan nusantara) nah dengan G 20, ini salah satu upaya oleh Pemerintah Pusat mengapa di Belitung. Dalam rangka untuk mendukung wisatawan , karena sudah ditetapkan ole pemerintah sebagai 10 destinasi prioritas baru,’’ jelas Sanem.

Lalu ujarnya bagaimana menunjang wisatawan untuk datang kemari. ‘’ Maka dari itu kita harus siap, tapi tidak terlepas juak dari upaya Pemerintah Pusat untuk mempromosikannya. Nah, G20 itu disamping memang lokasi dan kesiapan kita sudah mumpuni, disisi lain untuk mengangkat dan mempromosikan pariwisata Belitung,” pungkasnya. (Yusnani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.