Pemkab Belitung Akan Optimalkan Potensi Pada Sektor Kelautan dan Perikanan

oleh -

TANJUNG PANDAN, BELITONGBETUAH. com – Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung akan mengoptimalkan potensi kekayaan alam disektor kelautan dan perikanan, sesuai dengan arahan Pidato Kenegaraan Presiden Indonesia untuk mengoptimalkan kekayaan alam yang ada.

Untuk mengoptimalkan kekayaan alam disektor kelautan dan perikanan, Pemda akan membangun kawasan industri yang ada di laut guna menata dan mengelola sektor perikanan.

IMG-20240621-WA0024

“Itu sudah terencana, rencanaya akan membangun pelabuhan samudra sebagai sumber ekonomi baru di industri perikanan yang berkembang pesat,” kata Sanem kepada awak media, Selasa (16/8/2022)

Menurutnya, dengan segala potensi yang ada, pihaknya akan segera mengoptimalkan sesuai dengan penyampaian Presiden dalam pidato negaranya. Ini akan disinkronkan, sebab dari semua apa yang telah disampaikan, tidak terlepas peran serta Pemerintah Daerah.

“Kita sebagai yang dibawah akan bersiap-siap apa yang harus kita penuhi persyaratan untuk pelaksanaannya. Jadi kita sedang menyiapkan itu untuk kedepan,” terangnya.

Sementara, untuk sektor pariwisata sendiri ujar Sanem masih akan menjadi moto penggerak pembangunan daerah kedepan yang melibatkan sektor UMKM, terutama ekonomi kreatif.

Disisi lain, pihaknya akan bersinergi dengan para UMKM, dimana produk UMKM tersebut harus disertai dengan barbagai macam parsyaratan.

“Kita akan memanfaatkan BLK dengan dinas-dinas terkait untuk membina UMKM, karena UMKM ini akan menjadi persaingan secara global. Kalau tidak, nanti mereka tidak mampu bersaing,” terangnya.

Dalam hal ini, Pemda akan terus mengupayakan agar UMKM untuk meningkatkan mutu produk dan packaging sehingga produk UMKM mampu bersaing secara global. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *