Darmansyah Husein: Secara Bertahap, Belitong Menuju Ekonomi Biru Dunia

oleh

BELITUNG, BELITONGBETUAH. com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Darmansyah Husein kagum dengan Belitong, meski APBN sedang sakit tetap bisa melaksanakan Development Ministerial Meeting (DMM).

“Saya semalam dialog dengan orang-orang Bappenas, dia bilang, kami sangat kagum dengan masyarakat Belitung, begitu antusias mereka menyambut event ini dan itu satu modal dasar menurut saya,” kata Darmansyah Husein dalam conperensi pers di Pendopo Tanjung Kelayang, Jumat (9/9/2022), saat menghadiri acara From Bangka Belitung To The World.

Mantan Bupati Belitung 2 periode itu mengatakan, event G20 secara Nasional dan Internasional telah disusun road map-nya untuk menuju blue ekonomi.

Sejak dulu Belitung selalu digembar gemborkan dengan 10 Bali baru yang ditunggu-tunggu, tetapi langsung dihantam badai pandemi covid. Ini lah salah satu wujud action daripada How to Be Life, bagaimana kita merealisasikan di New Bali.

“Oleh karena itu Pak Suharso (Menteri Bappenas) kemarin bilang, jangan hanya Bali donk, kasih kesempatan ke yang lain-lain donk, walaupun tidak siap, harus siap,” tuturnya.

Lanjutnya, “Roadmap kita bikin sama-sama, pemerintah pusat akan baca, ini yang perlu di support. Jadi ini kerja daerah, ini kerja pusat, nanti akan terlihat disitu kalau road mapnya sudah selesai”.

Untuk Roadmap itu, ujar Darmansyah, Belitung secara jangka panjang akan menjadi blue ekonomi dunia. Jadi kita jangan sampai, nantinya meminta anggaran tanpa suatu roadmap yang jelas.

“Itu juga mengapa kawan-kawan kemaren memperjuangakan Geoprak, itu supaya bisa terkait dengan isu dunia. Isu dunia adalah pembangunan berkelanjutan,” bebernya.

Menurutnya, semua itu sangat jelas. Sebab, salah satu model pembangunan berkelanjutan adalah kita mengembangkan geopark. Semua sumber kekayaan alam boleh kita eksploitasi tetapi dengan cara good training practice. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *