PGRI PC Tanjung Pandan Gelar Lomba dari Tingkat PAUD Hingga SMA/K Sederajat: Ini Nama-Nama Pemenangnya

oleh -

BELITUNG, BELITONGBETUAH. com – PGRI PC Tanjung pandan, dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, menggelar beberapa lomba dari mulai tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA se- Kecamatan Tanjung pandan. Lomba di adakan di Gedung Nasional selama 4 hari, dari 26-29 September 2022. Dengan tema ‘’ Meneguhkan Visi Profil Pelajar Pancasila Membangun Peradaban Dunia’’.

Ada 5 kategori yang dilombakan, antara lain: Lomba Menghafal Pancasila untuk tingkat PAUD/ TK, Lomba Menghafal Teks Pembukaan UUD 1945 tingkat SD, Lomba Puzzel Garuda Pancasila juga untuk tingkat SD, Lomba Pidato tingkat SMP dan Lomba Desain Grafis untuk SMA/K sederajat.

IMG-20240621-WA0024

Ditemui usai acara, Yuswardi selaku Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung, mewakili Kepala Dinas, Drs. Soebagio yang berhalangan hadir, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka membangkitkan minat bakat dan karakter.

‘’Memang profil Pancasila, salah satu tujuan dari pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka. Jadi didalamnya, tujuan akhirnya bagaimana menciptakan profil pelajar Pancasila. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, karena memang sudah lama tidak melibatkan siswa. Dan Pancasila, dimasyarakat mungkin sudah mulai tergerus. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kembali bagaimana jiwa Pancasilais, pada pelajar khususnya, dan masyarakat pada umumnya,’’ terang Yuswardi.

Diharapkan kata Yuswardi, Pancasila ini tidak hanya untuk dihapal saja, tapi dihayati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kegiatan yang dilakukan PGRI PC Tanjung pandan,’’ Ini kan yang mewadahi guru. Jadi kita ingin menggali nilai-nilai Pancasila,’’ ujarnya lagi.

Untuk itu, kegiatan ini ke depannya, terus berlanjut. Ia menyarankan Pengurus Daerah PGRI merangkum seluruh PC ( Pimpinan Cabang) sehingga gebyar kegiatannya lebih besar lagi. ‘’ Kalau inikan tingkat Kecamatan. Kalau bisa juara-juaranya bisa di kirim ketingkat Kabupaten. Pelaksananya Pengurus Daerah PGRI. Jadi berjenjang,’’ imbuhnya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada sekolah-sekolah yang belum mengirim pesertanya, tahun depan agar bisa mengirim siswa-nya. “ Karena ini kan tidak dipungut biaya, gratis. Jadi, wadah-wadah seperti ini, lomb-lomba seperti ini, harus kita dukung. Melalui kegiatan, guru tambah semangat membina siswa, kalau gak latihan terus, mun dak de lomba, semangat e mungkin agak kurang. Dengan lomba, membuat guru dan muridnya sama-sama semangat,’’ pungkas Yuswardi. (Yusnani)

Nama-Nama Pemenang Lomba:
Lomba Menghafal Pancasila Tingkat TK/PAUD:

Juara I : Abid Aqila Pranaja, Asal Sekolah TK Perwanida
Juara II : Izzahty Insyirah, Asal Sekolah RA ABA I
Juara III : M. Ilyas Januarta, Asal Sekolah RA ABA
Harapan 1 : Syahnaz, dari PAUD Terpadu Bina Insani
Harapan 2 : M. Ilyasa Nur Ichsan, dari PAUD Terpadu Karakter Belitung Hijau

Lomba Menghafal Teks Pembukaan UUD 1945 Tingkat SD

Juara I : Yoke Yolanda, dari SDN 26
Juara II : Nizam Kabisat, dari SDN 5
Juara III : Nur Asyifa Safitri, dari SDN 33
Harapan 1 : Annisa Nur Ramadani, dari SDN 52
Harapan 2 : Defri Dwi Putra, dari SDN 21

Lomba Puzzle Garuda Pancasila Tingkat SD

Juara I : Esti Ananda, dari SDN 10
Juara II : Syandrina Syahlimand, dari SD Bina Insani
Juara III : Najwa Haura Safiqha, dari SDN 41
Harapan 1 : Maheera Arthajovanka, dari SDN 17
Harapan 2 : Jocelyne Lidwina Zhani, dari SD Anugrah

Lomba Pidato Tingkat SMP

Juara I : Nabilla Iddhiya, dari SMPN 7
Juara II : Steve Indika Khosasi, dari SMP Anugrah
Juara III : Aprilia Putri Halim, dari SMP Keluarga Universal
Harapan 1 : Wajihan Kholidazia, dari SMPN 3
Harapan 2 : Nasywa Syahleza, dari SMPN 1

Lomba Desain Grafis Tingkat SMA/ SMK/ Sederajat

Juara I : Nezatama, dari SMAN 1
Juara II : Fildan Nazri Zuhro, dari SMKN 1
Juara III : Muhammad Wisnu, dari SMA PGRI
Harapan 1 : Raufi Haqi Mujahidah, dari SMA Muhammadiyah
Harapan 2 : Khoirunnisa AZ Zahra, dari SMAN 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *