Tenaga Honorer, Akan Dipertahankan

oleh -

Belitung, Belitongbetuah. Com – Ribuan tenaga Non Aparatur Sipil Negara (ASN) atau tenaga honorer di lingkungan Pemeringah Daerah Kabupaten Belitung akan dipertahankan.

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menyebutkan di Lingkungan Pemda Belitung masih membutuhkan tenaga honorer, terutama pada bidang Kesehatan, Pendidikan dan Satpol PP.

IMG-20240621-WA0024

“Kalau tidak ada tenaga honorer, capek kita. Makanya dengan ada Peraturan Pusat, kita berupaya mempertahankan ini,” kata Sanem kepala awak media usai Rapat Paripurna di Gedung Wakil Rakyat, Senin (10/10/2022).

Sanem juga sadar bahwa tenaga honorer telah banyak membantu tugas ASN pada setiap OPD dalam hal memberikan pelayanan masyarakat.

Cuma untuk sementara ini, Pemda Belitung belum berencana menambah jumlah dan besaran gaji tenaga honorer.

“Untuk sekarang masih dengan sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.

Dalam situasi seperti ini, sebenarnya Pemda Belitung merasa dilema karena pada satu sisi APBD dikurangi, di sisi yang lain Pemerintah akan mempertahankan tenaga honorer, karena kehadiran mereka memang dibutuhkan.

“Pembayaran gaji itu tanggung jawab kita semua, dan kita sendiri harus sesuai dengan UMK ((Upah Minimum Kabupaten) kita,” katanya.

Adapun jumlah tenaga honorer terdapat sekitar 1.300 lebih, yang berada dalam lingkup Pemkab Belitung.

Meski belum ada rencana penambahan, tetapi ketika dibutuhkan dan berdasarkan pengkajian, tambahan tenaga honorer akan dibuka peluang lagi. Hanya saja, penerimaannya harus melalui seleksi. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *