Pendidikan Hal Penting, Dalam Menghadapi Tantangan ke Depan Yang Makin Berat

oleh -

Tanjung pandan, belitongbetuah. com – Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka peringatan Hut Ke 77 PGRI dan Hari Guru Nasional di gedung Serbaguna Pemda Belitung, Rabu (12/10/2022), dibuka Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem).

Pada kesempatan itu, Sanem mengatakan setiap warga negara berhak menempuh pendidikan untuk mengembangkan diri dan kemampuan watak, serta peradaban Bangsa yang bermartabat guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan suatu hal yang paling penting dan wajib diperoleh, mengingat tantangan ke depan yang dihadapi semakin berat. Globalisasi dunia terus berdampak pada pola persaingan yang semakin kompetitif, seperti persaingan dalam dunia kerja sehingga dibutuhkan SDM yang berkualitas guna menjawab tantangan tersebut.

Dikatakan Sanem, dengan SDM yang berkualitas diharapkan mampu menjawab tantangan berat ke depannya, sehingga mampu bersaing dengan SDM negara lain untuk mendukung kemajuan pembangunan Kabupaten Belitung.

“Lewat momen ini saya mengajak yang hadir untuk senantiasa melakukan kontrol kepada perilaku anak sebagai calon generasi bangsa,” katanya.

Guna meningkatkan SDM berkualitas, Sanem mengatakan, harus didukung dengan peran serta keluarga sebagai lingkungan pertama pembentuk pola pikir anak. Salah satunya memberikan pendidikan agama sejak dini.

“Bekal agama yang dimiliki, diharapkan dapat menjadi pedoman hidup agar terhindar dari perilaku yang merusak masa depan mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, pada tingkat lingkungan sekolah, guru partisipasi aktif harus ditingkatkan, apalagi terdapat tindakan siswa-siswi didik yang mengarah pada kenakalan remaja.

Untuk itu, upaya pencegahan harus dilakukan, baik secara langsung maupun melalui berkoordinasi dengan para wali murid. “ Kepedulian partisipasi tersebut agar pergaulan anak didik menjadi lebih terarah dan terhindar dari kenakalan remaja,” pungkasnya. (Arya)