Besok, Bazar Belitung Kreatif Dimulai: Begitu Pendaftaran di Buka, Langsung Diserbu

oleh -

Belitung, belitongbetuah. com – Dinas Pariwisata Belitung kembali menggelar Bazar Belitung Kreatif di Pantai Wisata Tanjung Pendam. Bazar di mulai besok, Rabu (9/11) hingga berakhir, Minggu (13/11).

Adapun tujuan Bazar tersebut menggali potensi ekonomi kreatif serta menggerakkan roda ekonomi bagi pelaku UMKM.

IMG-20240621-WA0024

Selama 5 hari kegiatan tersebut diadakan, 150 stand yang disiapkan. 100 stand untuk produk kuliner, dan 50 stand lagi khusus non kuliner. Pendaftarannya telah dibuka pada Jumat (4/11), mulai pukul 08.00 wib.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Annyta mengatakan, animo masyarakat ikut Bazar luar biasa. Tidak sampai 1 jam pendaftaran dibuka, langsung diserbu dari para pelaku usaha ekonomi kreatif.

Ternyata ujar Annyta, 100 kuota yang disiapkan untuk stand kuliner masih kurang. Alhasil, lumayan banyak dari pelaku UMKM kuliner mengeluh, lantaran tidak kebagian stand. “Tapi kami terus berusaha,” kata Annyta kepada BB, Senin (7/11) di ruang kerjanya.

Namun ia memastikan, bagi pelaku UMKM yang belum kebagian tempat, tidak perlu khawatir, sebab Dinas Pariwisata kembali menggelar Bazar Belitung Kreatif tahap 2 pada awal Desember mendatang.

Disampaikan Annyta, ada ribuan pelaku ekonomi kreatif menjadi binaan Dinas Pariwisata, terutama UMKM kulinernya.

“Begitu banyak kuliner asli Belitung, di modifikasi dengan kemasan yang cantik, kemudian promosi yang sudah dilakukan secara digital, “ujarnya, mengisahkan tentang binaan Dispar.

Ia menilai produk- produk asli Belitung tersebut, sebenarnya sudah merupakan modal. Hanya saja, mengingat pangsa pasarnya adalah wisatawan, sementara kunjungan wisatawan berkurang, tidak seperti sebelum pandemi, praktis berpengaruh terhadap daya beli.

Sehingga, dari ribuan pelaku ekraf, banyak yang telah banting stir, beralih ke sektor lain. “Wabah Pandemi covid-19 yang melanda lebih dari 2 tahun lalu, menjadi pemicunya,” ujar Annyta.

Namun, lanjutnya selama pandemi, pihaknya tetap melakukan berbagai pembinaan dan penguatan SDM kepada pelaku ekraf. “Tapi karena dalam konteksnya adalah urusan perut, segi ekonominya berkurang. Akhirnya mereka beralih ke sektor lain,” katanya lagi.

Untuk itulah, ia mengharapkan dari berbagai kegiatan yang digelar, khususnya Bazar Belitung Kreatif I yang digelar besok, dan Bazar Kreatif II yang diadakan di awal Desember, dapat menarik pelaku ekraf kembali seperti semula. Apalagi, jumlah wisatawan yang ke Belitung, berangsur- angsur sudah menunjukkan adanya peningkatan. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *