Meski Bazar Belitung Kreatif 1 Sukses, Jumlah Stand Pada Belitung Kreatif 2,Tak Ada Penambahan

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com— Selama 5 hari, Bazar Belitung Kreatif 1 di gelar, mulai 9-13 November di Tanjung Pendam, diperkirakan transaksi yang terjadi tembus Rp 900 juta.

Minggu, (13/11) acara tersebut ditutup. Usai acara, saat dtemui, Annyta, SP, M.IL Kepala Dinas Pariwisata Belitung mangatakan mulai hari pembukaan hingga Sabtu, selama 4 hari, transaksi yang ada, mencapai Rp 625 juta, itu belum termasuk pada perhitungan transaksi pada malam penutupan di Minggu (13/11).

“Kemaren saja (hari ke 4) ada Rp 200 juta. Memang pendapatan hari ini belum dihitung. Tapi kalau pendapatan sama dengan kemaren Rp 200 juta. Jadi kalau dijumlahkan transaksinya bisa mencapai Rp 800 juta,” bebernya.

Hanya saja, bila melihat pengunjung yang hadir pada hari penutupan, jauh lebih ramai ketimbang malam minggu, bahkan kemacetan pun sempat terjadi, di malam penutupan.

“Artinya, sebenarnya, transaksi bisa sampai Rp 800 atau Rp 900 lebih,” katanya.

Untuk jumlah pengunjung sendiri terang Annyta, diperkirakan mencapai 15 ribu orang. Puncaknya pada penutupan.

Sebutnya, hari pertama, sebanyak 2.100 pengunjung, hari kedua 2.300, hari ketiga juga sekitar 2.300 dan hari ke empatnya, hampir 2 kali lipat yakni kurang lebih 4.000 pengunjung.

“Sekarang (malam penutupan) belum masuk hitungan. Jadi di perkirakan lebih dari kemaren. Artinya secara retribusi dengan jumlah 15 ribu orang, dikalikan Rp 3.000 (tiket masuk), retribusi yang kita dapatkan berlipat dan ekonomi yang bergerak,” ujarnya lagi.

Selanjutnya, untuk Bazar Belitung Kreatif 2, yang rencananya akan digelar awal Desember mendatang, pihaknya memprioritaskan kepada pelaku UMKM yang pada event kali ini belum kebagian stand.

“ Jadi, mereka yang kali ini tak kebagian stand, nantinya mereka akan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Bazar Belitung Kreatif II pada awal Desember mendatang,” pungkasnya.

Meski Bazar Belitung Kreatif 1 sukses digelar, Annyta mangatakan tidak ada penambahan jumlah stand lagi. Tetap 150 stand, 100 untuk kuliner, sisanya non kuliner. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *