Dispora Belitung, Gelar Seminar Kewirausahaan Pemuda Berbasis Digital

oleh

Tanjung pandan, belitongbetuah.com – Sebagai OPD yang menaungi para Pemuda, Dispora Belitung, Kamis (2411) mengadakan Seminar Kewirausahaan Pemuda Berbasil Digital, bertempat di Hotel Golden Tulip.

Junaidi, selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Belitung ditemui usai acara menerangkan para peserta merupakan wira usaha muda yang ada di Belitung, sesuai dengan UU 40 tahun 2009 Kepemudaan, berumur 16 sampai 30 tahun. ‘’ Kami hadir, dalam rangka memotivasilah usaha-usaha para pemuda untuk memanfaatkan peluang dalam bentuk digital,’’ ujarnya.

Lanjut Junaidi, ke 40 peserta yang hadir, bergerak diberbagai bidang usaha, sehingga ia tak menyebutkan secara detil bidang apa saja. Pasalnya, dalam hal ini, Dispora tidak melihat bidang yang digeluti, namun lebih kepada memberikan support dan motivasi, agar kaum muda itu terus berusaha dan menjadi pewira usaha yang tangguh, handal dan berdaya saing.

Supaya ke depannya, usaha yang mereka jalankan terus tumbuh dan bekembang. Untuk itulah, Dispora mendorong pewira usaha muda ini, bisa memasarkan produk-produk mereka, melalui digital. “ Mereka bisa memanfaatkan situasi dan kondisi sekarang, memanfaatkan era digtal ini. Agar pemuda punya peran penting dalam pembangunan. Khususnya meningkatkan ekonomi, khususnya bagi mereka sendiri dan keluarga,’’ katanya lagi.

Menurut Pak Jun, wira usaha berbasis digital, bisa dilakukan dimana dan kapan saja. “Kalau dulu urang berpikir, dimane tempat aku berusahe. Sekarang kan tidak. Jadi, dengan bebasis digital, kapan saja mereka bisa berusaha. Yang penting ada niat baik, ada kemauan untuk berusaha. Ini salah satu tujuannya,’’ bebernya.

Untuk keberadaan jumlah wira usaha pemula sendiri di Belitung, ia menjelaskan, bila mereka sudah melampaui umurnya, seperti diatas 30 tahun, sudah bukan masuk kategori usaha pemuda pemula. Meski demikian, jumlah mereka terus ada, muncul tunas-tunas baru bagi kaum muda untuk berusaha. ‘’Potensi mereka ini tetap ada. Kita tak melihat mereka bergerak dibidang apa saja. Karena tujuan kita lebih ke motivasi. Jadi, kapan saja, dimana saja mereka berusaha untuk meningkatkan ekonomi, khususnya untuk mereka sendiri dan keluarganya, akan kita fasilitasi dan kita motivasi,’’ ungkapnya.

Jumlah 40 peseta yang hadir dalam seminar tersebut, disampaikan Pak Jun itu berasal dari 5 kecamatan yang ada. ‘’ Kita tidak membatasi, bahwa mereka harus dari Tanjung pandan. Dispora itu milik Belitung. Jadi, ini pasertanya juga berasal dari berbagai wilayah yang ada di Belitung,’’ pungkas Pak Jun, sambil menyebutkan dalam seminar tersebut nara sumbernya dari Kemenpora dan Provinsi, “ Mun dari Belitong itu ade Bella (Rumah Batik Sepiak). Jadi, dari orang-orang yang akan memberikan motivasi kepada mereka,” tambahnya. (Yusnani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *