Kaum Muda Harus Mengembangkan Potensi Diri

oleh

Tanjung Pandan, belitongbetuah.com – Dinas Pemuda dan Oleh Raga Kabupaten Belitung menggelar seminar kewirausahaan pemuda berbasis digital untuk menumbuhkan dan menguatkan jiwa wirausaha (entrepreneurship) terutama dikalangan milineal.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, Mirang Uganda dalam sambutannya mengatakan seminar Kewirausahaan berbasis digital bertujuan untuk membangkitkan karakter para pemuda di bidang kewirausahaan.

Sebutnya, ada banyak peluang dan pengetahuan yang bisa digali melalui seminar ini. Salah satunya, sebagai tempat bertukar pikiran sehingga potensi-potensi yang ada bisa ditingkatkan agar kewira usahaan bisa berjalan dengan baik.

“Di usia 16 – 30 tahun pasti, waktu yang bagus bisa mengembangkan potensi diri. Jadi paling tidak diumur 25 tahun waktu berpikir untuk action,” kata Mirang dalam seminar yang digelar di Hotel Golden Tulip Tanjung Pandan, kamis (24/11/2022).

Pada kesempatan itu, Mirang mengharapkan Pemuda harus memiliki jiwa enterpreneur, meskipun hanya setitik, sehingga bisa dikembangkan atau diasah. Setidaknya, dapat memberikan manfaat, paling tidak pada diri sendiri.

Menurutnya, membangkitkan ekonomi di sebuah daerah, mesti dilakukan dari kalangan anak muda, terlebih dari sektor UMKM, karena dampak ekonominya bisa dirasa secara langsung.

“UMKM di Belitung bisa dilihat, berkembangnya cepat. Saya rasa forum ini lah tempatnya untuk lebih menambah pengalaman bagi anak muda,” imbuhnya.

Apalagi melalui sektor UMKM bisa menekan sedikit demi sedikit laju inflasi yang sekarang cukup tinggi. Pertumbuhan ekonomi di sektor UMKM yang begitu cepat, diharapkan para kewirausaha ini bisa menjadi bibit bagi Belitung memajukan daerah dari potensi ekonomi. Terutama, mengingat beberapa tahun terakhir perekonomian kita sempat mengalami goncangan akibat pandemi covid-19.

Mirang juga mengatakan, kemajuan teknologi sudah begitu berkembang. Memanfaat kemajuan teknologi bisa dengan cepat guna melakukan promosi untuk kemajuan usaha karena ruang geraknya tidak terbatas.

Maka dari itu jika kewirausahaan dengan memanfaatkan perkembangan zaman harus ada sejak dini ketimbang memilih menjadi pegawai negeri.

Apalagi sekarang ini kita tahu bahwa pekerjaan secara formal sudah cukup terbatas. Kita harus yakin kalau untuk mendapatkan pekerja tidak harus pada bidang formal seperti CPNS, P3K. “Tapi masih ada udaha lain yang bisa dikembangkan. Jadi kita harus berpikir maju, “pungkasnya. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *