Guru Adalah Suluh Bangsa Terbaik, Sebagai Penerang Anak Bangsa, Meraih Asa dan Cita-Cita

oleh

Belitung, belitongbetuah.com – Ribuan guru se-Kabupaten Belitung melaksanakan upacara peringatan HUT PGRI ke -77 dan Hari Guru Nasional, Jumat (25/11) bertempat di halaman Museum Maritim, Kec. Sijuk. Dengan tema Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar, semangat guru untuk mencerdaskan putra-putri bangsa ini tetap menggelora. Semangat guru itu terpancar dari upacara pagi tadi. Mereka membentuk barisan, dalam PC masing-masing kecamatan, Tanjung pandan, Membalong, Badau, Selat Nasik dan Kecamanatan Sijuk sendiri.

Mereka datang berombongan, ada yang menggunakan Bus, ada yang menggunakan mobil pribadi, ada yang berboncengan naik motor dan ada yang sendiri. Pagi tadi Tanjung pandan, sempat diguyur hujan, namun situasi di museum maritim tempat upacara itu cuacanya cukup cerah. Dinginnya pagi yang menyelimuti, tak menghambat spirit para guru untuk melaksanakan hari besarnya. Padahal banyak diantara mereka, usianya tak muda lagi. Pengabdian dan dedikasi mereka, tak ada yang mampu merintanginya.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) yang juga bertindak selaku Inspektur Upacara menyampaikan PGRI sebagai organisasi profesi telah tumbuh menjadi kekuatan moral intelektual para guru, pendidik dan tenaga kependidikan dalam memperjuangkan peningkatan harkat martabat anggotanya.

Kini, PGRI harus lebih mengedepankan sikap terbuka/ inklusif, dengan memegang teguh etika, saling menghormati dalam spirit organisasi yang mandiri, unitaristik dan non partisan. PGRI terus menjaga kemitraan yang strategis dan konstruktif dengan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dan menjadi saluran aspirasi para anggotanya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Dalam proses pendidikan, guru menjadi aktor utama yang memainkan peran penting pada berbagai episode pendidkan. Kedudukan terhormat yang dimiliki para pejabat di legislatif maupun eksekutif, tentu tidak telepas dari peran dan jasa guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *