Optimalisasi Kinerja Kantor Imigrasi Tanjung Pandan Terhadap Pelayanan Masyarakat

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com– Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan, terus berusaha mengoptimalkan kinerja untuk meningkatkan pelayanan dan penegakan hukum Keimigrasian. Meningkatnya, jumlah pelayanan adalah target yang mesti terpenuhi, seiring dengan pulihnya kondisi perekonomian.

Terkait hal tersebut, Kantor Imigrasi Tanjung Pandan, merilis capaian kinerja tahun 2022. Dalam Conperensi press yang digelar Selasa (27/12), Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Pandan, Suyatno menyampaikan sebanyak 2.360 paspor diterbitkan. Dengan rincian, 1.010 pembuatan paspor baru, penggantian habis berlaku 1.310 paspor, penggantian hilang 31 paspor, penggantian rusak masih berlaku 4 paspor, serta rusak habis berlaku ada 5 paspor.

IMG-20240621-WA0024

Kemudian, Penerbitan dan Pengurusan Izin Tinggal (ITK), sebanyak 149 dokumen. Terdiri dari, perpanjangan ITK 78 dokumen, penerbitan ITAS Baru 2 tahun ada 1. Berikutnya, ITAS Baru 1 tahun sebanyak 21 dokumen dan ITAS Baru 6 bulan ada 3 dokumen. Sementara itu, perpanjangan ITAS 1 tahun 34 dokumen, ITAS 6 bulan dan ITAP, masing-masing 1 dokumen. Sedangkan pemberian ITAS perairan dan pendaftaran anak berkewarga negaraan ganda, masing-masing 2 dokumen, selanjutnya untuk Alih status ITAS ke ITAP terdapat 3 dokumen.

Di samping itu, Kantor Imigrasi Tanjung pandan, punya program unggulan yakni Eazy Passport. Namanya juga eazy, yang berarti mudah. Artinya, masyarakat benar-benar dimudahkan dalam pengurusan paspor. Sistemnya jemput bola, petugas datang langsung ke perkantoran maupun ke kawasan perumahan, sehingga Pemohon paspor tidak perlu repot-repot mendaftar secara online, atau datang ke Kantor Imigrasi. Bahkan, ketika paspor selesai akan diantar atau dikirim langsung kepada Pemohon.

Tak hanya itu saja, Kantor Imigrasi juga melayani Pemohon paspor yang berdomisili di Pulau-pulau yang ada di Belitung. Melalui program Mendanau (Melayani Antar Desa dan Pulau), pada Agustus 2022 mereka terjun langsung ke Pulau Seliu.

Disampakan Suyatno, orientasi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, di lakukan dengan menyebarkan informasi Keimigrasian. Baik berupa kegiatan sosialisasi maupun penyebaran informasi di berbagai media.

Meski telah berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada akhir tahun 2020 dari Kemenpar RB, Kantor Imigrasi Tanjung Pandan terus melakukan perubahan sebagai komitmen mewujudkan Reformasi Birokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *