Peringati Hari Nusantara, Dinas Perikanan Beri Bantuan Pada Kelompok Nelayan dan Gelar Lomba Masak

oleh -

Belitong, belitungbetuah.com– Peringatan Hari Nusantara yang diadakan Dinas Perikanan Belitung, selain mengadakan lomba masak gangan ikan, juga memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok nelayan. Acara digelar, Jumat (30/12) bertempat di halaman Kantor Dinas tersebut.

Untuk lomba masak sendiri bertajuk Executive Fun Cooking Competition, diikuti 20 peserta terdiri dari Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Wakil, unsur Forkopimda serta Kepala OPD lingkup Pemerintahan.

IMG-20240621-WA0024

Terkait lomba masak gangan ikan sendiri, ditemui usai acara, Firdaus Zamri mengatakan kegiatan tersebut baru pertama kali digelar, dan merupakan inisiasi dari mitra Dinasnya. ‘’ Ini perdana, ceritanya kegiatan ini bukan dana pemerintah. Sebetulnya inisiasi dari kawan-kawan, mitra kita, Unit Pengolahan Ikan. Mereka datang ke kita, apa yang bisa kita buat. Kalau begitu, kami siap. Hadiah dan segala macamnya, mereka yang sediakan, kita cuma sebagai Pelaksana,’’ ungkap Firdaus mengenai terselenggaranya lomba tersebut.

Cuma ujarnya, karena keterbatasan tempat, maka jumlah peserta hanya 20 saja, walaupun sebenarnya banyak Kepala OPD yang mau ikut. “Kita juga gak mau, karena acara ini baru pertama, nantinya kacau balau. Saya bilang dengan teman-teman, kemampuan kita dan tempat, bisanya 20. Ya, 20. Tadi kan, Kepala OPD yang tidak ikut lumayan ramai. Nanti tahun depan kita ikutkan,’’ ujarnya, sambil menyebutkan tahun depan mitranya siap untuk menjadi sponsor lagi,’’ Tahun depan akan kita bikin, lebih besar lagi,’’ tambahnya.

Sementara itu, sehubungan dengan pemberian bantuan kepada masyarakat, Firdaus berharap agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. ‘’ Mereka yang menerima ini, memang layak menerima. Jadi tepat sasaran. Mereka kita verifikasi, jadi ada tahapan juga,’’ terangnya.

Adapun jenis bantuan yang diberikan pada masyarakat berupa: mesin kapal penangkap ikan berukuran lebih kecil dari 5 GT, sarana pendukung kegiatan penangkapan ikan berupa fish finder, alat penangkat ikan jaring gillnet, kawat bubu 81 gulung, bubu kepiting 4.000 buah, jaring sero 20 set, perahu/kapal penangkap ikan lebih kecil dari 5 GT 12 unit.

Selain itu, diberikan juga bantuan berupa sarana peralatan, sarana rantai dingin, bantuan alat selam, jaring HDPE, benih ikan kerapu, pakan ikan air laut. Tak hanya itu saja, masyarakat juga mendapatkan bantuan benih kepiting, crabball, tali tambang PE, calon induk ikan, peralatan pembenihan dan cool box. (Yusnani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *