34 PPK Yang Dilantik, Harus Mampu Menjaga Amanah dan Kepercayaan

oleh -

Beltim, belitongbetuah.com–Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur meminta kepada 34 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang baru dilantik harus mampu menjaga amanah dan kepercayaan yang harus diemban oleh seluruh anggota PPK sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ida Lismawati mengatakan, itu dilakukan mengingat pelantikan dan pengambilan sumpah menjadi tanda bahwa yang bersangkutan mampu mengemban amanah yang dibebankan dengan tugas berat untuk menjalankan tahapan-tahapan pemilihan.

IMG-20240621-WA0024

“Setiap anggota PPK harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan pemilu, pilpres dan pilkada, sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan aman,” kata Ida, mewakili Bupati Belitung Timur, Burhanuddin, Rabu (4/1/2023) di Auditorium Zahari MZ.

Sambungnya, pelantikan PPK, juga bisa menjadi motivasi dan landasaan yuridis yang kuat dalam melaksanakan tugas dan fungsi panitia pemilihan kecamatan, sehingga dapat bekerja secara profesional dalam rangka menyukseskan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

“Terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya, memahami kode etik sebagai pelaksana pemilihan, bersikap netral dan menghindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pelaksana pemilihan umum yang berakibat pada berkurangnya kualitas hasil pemilu,” tutur Ida.

Selain dilantik dan diambil sumpah, seluruh PPK juga menandatangani Fakta Integritas sebagai anggota PPK, terkait tentang tekad untuk kerja keras menyelenggarakan Pemilihan Umum. (Arya)

Sumber: Diskominfo Beltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *