Diperkiran, Sebentar Lagi Harga Ayam Turun, Peternak Besar Akan Panen Bersamaan

oleh

Belitung, belitongbetuah.comDiprediksi sebentar lagi, harga ayam potong di Pasar Tanjungpandan bakalan turun. Pasalnya, perusahaan besar peternakan ayam potong di Tanjungpandan akan panen secara bersamaan.

“Pas ayam panen bersamaan, mereka (PT) biasanya nurunin harga biar ayam mereka keluar, itu akan buat peternak mandiri kalah,” kata Hasbullah salah seorang pedagang di pasar Tanjungpandan, Rabu (18/01/2023).

Ia menjelaskan, turunnya harga ayam, merupakan periode ke 2, sejak akhir bulan Oktober sampai pertengahan Desember 2022 lalu. “ Seminggu sebelum tahun baru, harga ayam kembali naik di harga Rp 50 ribu per Kg dan di tanggal 30 – 31 Desember naik menjadi Rp 58 ribu, bahkan ada yang menjual Rp 60 ribu per Kg. Saya tahu, karena saya juga peternak,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Hasbullah, setelah tahun baru, tepatnya sekarang- sekarang ini, harga ayam kembali turun secara bertahap, mulai dari Rp 50 ribu per Kg, Rp 48 ribu, kemudian Rp 45 ribu, dan kini harganya di angka Rp 43 ribu – 42 ribu per kg.

“Harga ayam saat ini masih diangka Rp 42 sampai Rp 45 ribu per Kg. Kalau, di sini terjadi perbedaan harga. Pedagang yang berjualan di bagian depan, harganya Rp 45 ribu per Kg,” ujarnya.

Sedangkan, Pedagang yang kiosnya, berada di bagian dalam, seperti dirinya, menjual ayam Rp 42 ribu per Kg kepada konsumen.

“ Tapi, untuk langganan seperti rumah makan, itu Rp 40 ribu /kilo. Kite menjualnya lebih murah, kalok di depan beda sikit, karena di sanak lebih mudah dilihat pembeli,” tuturnya.

Selain itu, yang membuat harga jual berbeda, saat membeli dari Peternak. Harga di Peternak Mandiri mentok diangka Rp 30 ribu per Kg, sedangkan di kemitraan pada perusahaan besar Rp 28 ribu.

“Kita sebagai pedagang dari peternak ngambik selisih di jarak Rp 12 per kg. Misalnya Rp 30 ribu dari Peternak, kami jual di pasar Rp 42 ribu. Kalau kita jual lebih nanti kasian Pembeli,” terangnya lagi.

Sementara itu, Dedi salah seorang pedagang ayam potong yang berjualan pada bagian depan di Pasar Tanjungpandan mengatakan, harga jual ayam di lapaknya yakni Rp45.000.

Harga tersebut bertahan sekitar sebulan terakhir. Tapi, setelah Desember lalu, harga ayam sempat menyentuh harga Rp42.000 per kilogram.

Ia berharap harga pakan ayam dapat diturunkan dan kualitasnya tetap bagus. Harga ayam juga sangat bergantung dari jumlah pasokan. “ Biasanya saat ayam panen bersamaan, harga ayam cenderung menurun,” katanya. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *