Musrenbang Harus Mengakomodir Pembangunan Tahun 2024-2026

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Dalam Musrenbang Kecamatan Tanjungpandan, yang diadakan Kamis (16/2/2023), Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, perencanaan pembangunan tahun 2023 harus mengakomodir pembangunan untuk tahun 2024-2026.

Sebab menurut Sanem, Musrembang tahun 2023, sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun 2024 adalah tahun politik. “Agar pembangunan tidak terhambat hingga nanti terpilihnya Kepala Daerah yang baru “ujarnya.

IMG-20240621-WA0024

Rencana pembangunan tahun 2023 menekankan pada penguatan ekonomi berkelanjutan, peningkatan SDM, peningkatan infrastruktur pelayanan dasar, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan ketentraman dan ketertiban umum serta penguatan tata kelola pemerintahan.

Usulan-usulan tersebut, ujar Sanem, akan dikaji apakah termasuk kebutuhan atau keinginan. Pihaknya akan melihat apakah selaras dengan Renstra Kabupaten, Provinsi maupun Pusat.

Selain itu, ia meminta kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan, agat tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tapi juga pada peningkatan kualitas SDM.

Diharapkan Desa dan Kelurahan, melalui program pengembangan SDM dapat membantu kegiatan pengentasan dan mencegah terjadinya kasus stunting baru di Kabupaten Belitung.

” Kita sudah memiliki program khusus untuk mengatasi permasalahan stunting ini, yakni program Ambong, namun tentu harus didukung oleh semua pihak,” imbuhnya.

Selanjutnya, terkait pengentasan kemiskinan, data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstreem (P3KE) harus segera dilakukan verifikasi ulang agar data lebih akurat, sehingga program dapat lebih tepat sasaran.

” Data P3KE ini harus diverifikasi ulang, agar lebih akurat dan tepat sasaran,” pungkasnya. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *