Kick Off Revalidasi Geopark Belitong: Sanem Optimis Status Belitong UGG Dapat Dipertahankan

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com — Rabu, (5/4/23) bertempat di Dapor Belitong, FGD (Forum Good Discussion) pengembangan Belitong UGG diadakan. Dihadiri dari Kemenkomarves, Bappenas, Kemenparekraf, KKP, BI, Provinsi, Pemda Beltim dan Belitung, bersatu dan saling support agar status Belitong UGG dapat dipertahankan. Diskusi tersebut merupakan kick off dari revalidasi Geopark Belitong.

Seperti diketahui tahun depan, status Geopark Belitong akan dilakukan revalidasi dari UNESCO, guna melihat apakah masih layak Belitong menyandang sebagai UNESCO Global Geopark. Untuk itulah berbagai persiapan mulai dilakukan.

IMG-20240621-WA0024

Dalam forum tersebut Togu Pardede selaku Koordinator Strategis Pengembangan Geopark Nasional, Bappenas, diawal presentasinya menyebutkan banyak rekan-rekan dari Pusat datang kemari. ‘’ Sepertinya, ini hari spesial teman-teman datang ke Belitung dan ke Beltim. Mungkin ini pertemuan pertama dalam rangka revalidasi, kita mengawali, kick off. Dan, kick off-nya aja semua udah ngumpul. Dari Pusat, Daerah dan semua Tim. Ngerinya Belitong itu, gitu. Baru mengawali saja, sudah kompak semua. Saya yakin ini, perjalanannya nanti bisa baik,’’ tuturnya.

Ia juga menyampaikan, sekarang kita (Indonesia) sudah mendapatkan 10 Geopark, tahun ini pada September nanti, ada penambahan 4 daerah. ‘’ Belitong nomor 6. Artinya, kekayaan warisan geologi kita diakui dunia. Tapi, kita mengeksplore yang berstatus Unesco Global, salah satunya di Belitong ini. Nah, upayanya Belitong, saya sudah tahu dari awal, sejak 2016, dari Pak Yuspian, Bu Dyah, masih blank, saya tahu banget. Benar-benar, sampai secepat kilat bisa jadi Geopark Global Nasional dan Unesco Global Geopark. Jadi, ciri khas Belitong Geopark ini cepat, gercep, gaspol,’’ ungkapnya lagi.

Selain itu, ia tekankan bahwasannya Pemerintah Pusat menyadari Belitong dan kawasan Geopark lainnya menjadi satu warisan yang memberikan dampak kesejahteraan. ‘’ Dan, Pak Jokowi mengingatkan Geopark harus menjadi gerakan masif seluruh stakeholder yang melestarikan, namun juga memberikan kesejahteraan ekonomi,’’ ujar Togu.

Sementara itu, ditemui usai acara, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), mengatakan kalau revalidasi Geopark sudah Kick Off, sehingga langkah selanjutnya, mana-mana yang telah dirancang dalam FGD tadi, akan ditindak lanjuti.

Sanem-pun tak mampu menyembunyikan wajah gembira dan terharunya, manakala baru mengawali saja, tetapi dukungan sudah berdatangan untuk mempertahankan status Belitong UGG.

Lebih lanjut ia katakan, untuk mempertahankan status tersebut, hal pertama yang akan dilakukan ‘’ Melihat geosite-geosite yang telah ditetapkan bagaimana keberadaannya, apakah kita masih konsen. Dan, kedua sejauh mana penambahan-penambahan geosite-geosite itu,’’ ungkapnya, seraya menyebutkan dari 17 geosite yang telah ditetapkan, sekarang ada penambahan 7 geosite lagi, sehingga menjadi 24.

Karena itulah, Sanem merasa yakin dan optimis bisa mempertahankan status Belitong UGG. ‘’ Ukan dak bisa, malah lebeh daripada bisa. Yang penting komitmen kite di daerah juak. Pusat, kau tahu sendiri, gimana tadi. Jadi tinggal kitenye di sinek,’’ tukas Sanem. Dan memang selama FGD itu, dukungan Pusat luar biasa, begitu pula dengan Provinsi.

Kemudian jelasnya, terkait adanya penambahan geosite baru, ia sampaikan lantaran basic-nya komunitas, jadi hal tersebut harus dioptimalkan terlebih dahulu. ‘’ Sebab, percume Pemerintah mendukung, kalau masyarakatnye endak. Tapikan memang selama ini masyarakat yang mengelola dulu. Kita, Pemerintah support. Jadi penambahan geosite tadi semuanya sudah siap, masyarakatnya sudah jalan,’’ pungkas Sanem. (Yusnani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *