Permintaan Kerapu Asal Belitung Tinggi, Pelaku Usaha Budidaya Bergairah

oleh

Belitung, belitongbetuah.comKepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri mengatakan, Hongkong siap menerima ikan kerapu asal Belitung.

Terangnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/5) pasca pandemi, pengiriman kerapu terus membaik, setelah sebelumnya sempat terhambat. Di pertengahan Mei 2023, tercatat sudah lima kali ekspor ke Hongkong, totalnya tercatat lebih dari 57 ton.

Membaiknya kran ekspor kerapu ke Hongkong, membuat pelaku usaha budidaya kerapu lokal, kembali bergairah. Soalnya, kemarin- kemarin, pembudidaya kecil merasa kewalahan karena tidak bisa ekspor.

Terakhir ujar Firdaus ekspor ikan kerapu dilakukan, Minggu (14/5) dengan total muatan 14 ton. Terdiri dari 6 ton kerapu cantik, 4 ton kerapu cantang, 3 ton kerapu sunuk dan kerapu timun.

“Kerapu yang dikirim ini ukurannya beragam, dari 700 gram sampai 15 kilogram pun ada, tergantung permintaan,” beber Firdaus.

Ia memperkirakan, pekan depan, ekspor ikan kerapu ke Hongkong akan kembali dilakukan dengan muatan berkisar antara 8-10 ton.

Budidaya kerapu di Belitung kata Firdaus, sangat menjanjikan. Terlihat dari setiap pengiriman adanya peningkatan setiap tahun. Tahun ini, untuk kebutuhan ekspor, pihaknya menargetkan hingga 125 ton.

Adanya permintaan kerapu di pasaran dalam jumlah besar, terutama Hongkong, Firdaus mengharapkan budidayanya menjadi prioritas. Sehingga Belitung bisa menjadi daerah penghasil kerapu terbesar di Indonesia. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *