Pembangunan Food Court Diresmikan, Ditandai Peletakkan Batu Pertama

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Pembangunan gedung food court depan galery KUMKM diresmikan, Jumat (19/5), ditandai dengan peletakkan batu pertama. Namun, pembangunan itu sendiri telah dimulai sejak 10 April 2023, sesuai dengan tanggal kontrak.

Kepala Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung, Syamsudin mengatakan, sejak 10 April lalu pelaksanaannya, akan terus berjalan sampai pada 240 hari ke depan.

IMG-20240621-WA0024

‘’Pembangunan food court dengan Pagu Rp12 miliar dan terkontrak kurang lebih hasil seleksi tender di Pokja Rp 10.783.400.000,-(hasil proses tender) itu mulai memasuki tahapan pembangunan fisik dan pengerjaannya sudah dimulai sekitar 10 April 2023,’’ beber Syamsudin.

Lanjutnya, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja sebagai Pengguna Jasa, untuk Penyedia Jasa CV Wahyu Lestari, Konsultan Supervisi: PT Inkoneksi Izi Konsultan dengan lokasi di Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Selain itu, sambungnya pembangunan food court akan terintegrasi dengan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), yang akan menghubungkan Galeri KUKM dengan Gedung foodcourt.

Sebutnya, rencana itu dibahas dalam rapat integrasi Galeri KUKM dan UMKM Mall bersama OPD terkait, mengenai gambaran fisik bangunan food court dan JPO.

‘’Nama Gedung foodcourt kami menunggu arahan Bapak Bupati waktu soft opening nantinya,’’ ujarnya.

Lebih lanjut ia katakan, setelah bangunan food court selesai, pengelolaannya dibawah UPTD PLUT termasuk Galeri KUKM, “ Yang nantinya menguatkan kelembagaan PLUT yang sudah ada dan berjalan selama ini sejak 2017 dibawah bidang KUKM,” tutur Syamsudin lagi.

Harapannya, bila menjadi UPTD, bisa merencanakan program dan anggaran sendiri serta membawahi 3 core bisnis yaitu optimalisasi layanan inkubator dan sarpras di PLUT, kemudian pengelolaan Galeri KUKM serta pengelolaan food Court.

Sehubungan pembangunan food court terintegrasi ujar Syamsudin, tujuan akhirnya diharapkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah(PAD).

“Semoga ide kecil ini bisa bermanfaat untuk daerah kita dan menjadi kenangan terindah selama pengabdian sebagai program strategis Bupati Belitung diakhir masa kepemimpinan Besame dan UMKM Berjaye,” ujarnya.

Sehingga, ia berharap pembangunan ini harus didukung semua pihak mulai pemerintah daerah dan forkopimda dan semua masyarakat Belitung, khususnya umkm agar kita satu persepsi dan tujuan yang sama untuk kesejahteraan masyarakat. “ Tetap semangat, produktif dan inovatif KUKM Belitung ke depannya,” pungkas Syamsudin. (Arya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *