“Menyulap” Bekas Tambang, Menjadi Tempat Wisata Terbaik Dari Kemenparekraf

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Desa Wisata Kreatif Terong, Kabupaten Belitung terpilih sebagai salah satu dari 75 nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, terpilih sebagai salah satu wisata desa terbaik versi ADWI, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) bersama masyarakat berhasil menyulap kolam bekas tambang tersebut menjadi destinasi wisata yang diakui oleh Kemenparekraf.

IMG-20240621-WA0024

Desa Binaan Bakti BCA sejak 2018 itu masuk dalam nominasi Desa Wisata setelah melalui seleksi ketat dari 4.573 peserta desa wisata lainnya. Sandi menlai ini adalah sebuah prestasi sebuah masalah, hasilnya pundi-pundi rupiah berhasil didapat dari masyarakat setempat.

‘’Tanpa ragu-ragu, Desa Wisata Kreatif Terong hari saya nyatakan desa wisata terbaik Indonesia. Saya berharap seluruh pihak, baik pemerintah daerah, masyarakat, maupun BCA sebagai pihak swasta, dapat selalu bersinergi untuk terus mendukung peningkatan kualitas pariwisata dan ekonomi kreatif Belitung, khususnya di Desa Wisata Kreatif Terong,” kata Sandiaga Uno

Menindak lanjuti pernyata dan harapan Menparekraf, Direktur BCA, Antonius Widodo, dengan pengalaman membina desa wisata di Indonesia, pihaknya meyakini terpilihnya Desa tersebut dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat di Desa Terong, Kabupaten Belitung

Rasa bangga pun terlintas, karena desa binaannya masuk sebagai nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia versi ADWI 2023. Pencapaian ini dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat, khususnya masyarakat Desa Terong.

Desa wisata Terong sendiri memiliki potensi wisata yang kaya, ditambah fasilitas didalamnya, sehingga para wisatawan dapat menikmat berbagaii sajian yang disiapakan, seperti seni tari tradisional dan musik Gambus yang tergabung dalam Sanggar Tari Aik Rusa Berehun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *