Belitung Kembali Jadi Tuan Rumah ASEAN Blue Economy Forum

oleh

Belitung, belitongbetuah.com – Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan Belitung kembali mendapatkan kepercayaan dari BAPPENAS sebagai tuan rumah pelaksanaan ASEAN Blue Economy Forum, pada 1-4 Juli 2023 mendatang.

Menurutnya, ini adalah tantangan berikutnya setelah tahun lalu berhasil menjadi DMM G20. Saat ini, pihaknya sedang melakukan persiapan teknis pelaksanaan.

“Kami percaya bisa melakukan dengan baik,” kata Isyak kepada awak media usai rapat persiapan pelaksanaan ASEAN Blue Economy Forum, Kamis (8/6/).

Terangnya, Forum tersebut akan dihadiri 10 perwakilan Menteri dari negara-negara ASEAN terdiri dari Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Baca Juga: Usai Demo, Pengunjuk Rasa Beri Hadiah Sekotak Tolak Angin

“Pertemuan ini akan dihadiri level menteri 10 negara ASEAN ditambah organisasi pemantau lainnya, namun Timor Leste kelihatannya belum masuk ke dalam list,” ujarnya.

Ia melanjutkan, tentu dalam pertemuan itu, akan membahas tentang pembangunan ekonomi biru di kawasan ASEAN, di mana Belitung sendiri memiliki potensi blue economy yang sangat kuat.

“Tema pertemuan kali ini lebih spesifik membahas blue economy di mana Belitung memiliki potensi blue economy yang sangat kuat,” katanya.

Ia mengharapkan, dari pertemuan itu dapat membawa dampak positif bagi kemajuan investasi dan pariwisata Belitung. Sebutnya, ini bisa menjadi peluang bagi potensi perikanan Belitung yang luar biasa, yang tidak merusak alam.

“Belitung bisa menjaga keseimbangan antara pertambangan yang destruktif bertransisi dan transformasi ke ekonomi yang baru,” pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *