KPU Beltim Tetapkan DPT Pemilu 2024, Sebanyak 95.791 Pemilih

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Ketua KPU Beltim Rizal menjelaskan, sebanyak 95.791 DPT telah ditetapkan melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT), Rabu (21/6/2023) di Auditorium Pemkab. Beltim.

IMG-20240621-WA0024

Penetapan tersebut berdasarkan data kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri, dan hasil petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang turun langsung ke rumah-rumah untuk mengecek keabsahan data.

“Kita sudah menurunkan Partarlih sejak Februari lalu, ke tingkat PPS hingga ke PPK,” kata Rizal sambil menyebutkan meski sudah ditetapkan, tetapi sewaktu-waktu bisa berubah.

Dijelaskan Rizal, Petugas tidak menemui hambatan berarti saat turun ke lapangan untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Meskipun ada sambungnya, lebih dikarenakan banyak pemilih yang tidak berada di rumah, saat Petugas datang.

“Jadi, bukan hambatan tapi tantangan. Karena pemilih, tidak ada di tempat, jadi kadang harus dua atau tiga kali bolak-balik ke rumah Pemilih. Itu saja,” ujar Rizal menerangkan kendala yang ditemui Petugas di lapangan.

Selain itu lanjutnya, ditingkat PPS atau Desa, terdapat data pemilih yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau pun Tidak Memenuhi Syarat TMS. Termasuk juga data ganda di tingkat Kecamatan, Kabupaten maupun antar Provinsi.

“Kita sudah hapus data-data ganda itu masuk di daerah lain. Dak banyak kalau di tingkat Kabupaten, adalah beberapa,” bebernya lagi.

Dari hasil DPT yang telah ditetapkan, ia berharap tidak akan bermasalah atau menjadi sengketa di kemudian hari. Mengingat selama ini DPT Kabupaten Beltim cukup akurat dan diterima oleh seluruh Parpol peserta Pemilu.

“Kita selalu dapat mengawal data penduduk untuk memilih di setiap Pemilu ke pemilu. Tidak pernah ada sanggahan atau keberatan dari partai politik karena kita bekerja on the track dan profesional dalam mengelola ini,” pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *