Pemkab Belitung Mengakomodir Tuntutan Plasma 20% HGU PT. Foresta

oleh

Belitung, belitongbetuah.com – Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengungkapkan PT Foresta Lestari Dwikarya satu-satunya perusahaan perkebunan kelapa sawit di Belitung yang tidak ada plasma.

Sanem menjelaskan sejak sekitar tahun 1978 hingga sudah perpanjangan hak guna usaha (HGU) tidak pernah ada plasma, sehingga secara otomatis Pemkab Belitung akan mengakomodir tuntutan masyarakat terhadap plasma 20 persen dari HGU.

Karena sudah puluhan tahun tidak ada plasma, maka hasil rapat bersama Forkopimda akan mengkaji peraturan perusahaan tersebut dan menuntut kewajiban masyarakat.

“Perusahaan lain ada plasma, cuma (PT Foresta) satu-satunya tidak ada. Dalam hal ini kami ada kriteria penilaian perusahaan,” kata Sanem kepada awak media usai melaksanakan rapat tertutup bersama Forkopimda di ruang Rapat Bupati Belitung, Kamis (13/7).

Hanya saja lanjutnya perizinan perkebunan bukan menjadi ranah serta kewenangan Kabupaten. Karena itu ia bersama DPRD akan mengakomodir tuntutan masyarakat sampai ke Provinsi dan Kementerian terkait, termasuk melakukan kajian hukumnya untuk dibuatkan laporan.

“Kami akan menindaklanjuti apa yang sudah dikaji kepada Provinsi, karena ini kewenangan provinsi,” katanya.

Sambil menunggu proses tersebut Sanem meminta kepada masyarakat jangan sampai menimbulkan konflik sosial. Masyarakat juga harus menyadari kalau dalam hal ini kewenangannya bukan berada di Bupati.

Sementara itu, Sanem juga menyoroti hingga permasalahan sudah seperti sekarang, pihak perusahaan yang hingga saat ini tidak ada komunikasi, bahkan perusahaan juga minim support desa setempat untuk gelaran acara tahunan.

“Katanya setiap minta sumbangan acara 17-an paling banyak (Foresta) Rp 500 ribu nyumbang. Kalau acara Maras Taun cuma sekarung beras 5 – 10 Kg,” tukasnya.

Seharusnya setiap perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Belitung diminta memberikan plasma dan CSR kepada masyarakat setempat. Sangat disayangkan Kewajiban itu sekarang tidak dilakukan oleh grup Perusahaan Sinar Mas. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *