Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Beltim Gelar Berbagai Kegiatan, Peringati Hari Koperasi

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM, Gustaf mengharapkan Koperasi di Beltim bisa tumbuh dan berkembang, sehingga dapat menyejahterakan anggotanya.

Menurutnya, bila koperasi sehat, otomatis anggotanya akan sejahtera, sesuai dengan peringatan hari Koperasi Nasional ke 76 tahun bertema “Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat”.

IMG-20240621-WA0024

Di jelaskan Gustaf, di Beltim terdapat 140 koperasi, dari berbagai jenis. “ Ada yang sehat, ada yang gak sehat,” kata Gustaf Kepada BB di ruang kerjanya, Selasa (25/7)

Walaupun koperasinya, ada yang tidak sehat, namun sebagian besar masih aktif. “ Hampir 50 persen -nya bergerak di bidang perkebunan. Mereka bermitra dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit,” bebernya.

Karena itulah, dalam rangka memeriahkan Hari Koperasi ke 76, pihaknya menggelar berbagai kegiatan. Dimulai sejak Senin, (24/7/) kemarin.

Antara lain, mengadakan pelatihan khusus. Kemudian, pada Rabu (26/7) ada bazar UMKM di depannya selama 3 hari. Kamisnya, (27/7) di lanjutkan dengan lomba karaoke, balap karung dan tarik tambang.

Terakhir, Jumat (28/7) diadakan jalan sehat di halaman, setelah itu acara senam bersama serta di dalamnya ada pembagian doorprize.

Gustaf menerangkan, sebanyak 15 stand UMKM hadir dalam Bazar nantinya, dikhususkan untuk kuliner dan batik yang sudah terseleksi.

“Mereka ini yang dipilih untuk mereka yang aktif, bukan pada saat ada kegiatan. Tapi keseharian memang profesinya sebagai pelaku UMKM,” katanya.

Gustaf menyebutkan, tahun lalu kegiatan tahunan ini diadakan di lapangan bola Yagor. Tapi, Lapangan Yagor saat ini di gunakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Kebudayaan untuk Pemilihan Bujang Dayang Beltim.

Sehingga tahun ini dilaksanakan di depan kantor Dinas UMKM. Meski halaman depan kantornya kecil, hanya bisa menampung 15 stand, Gustaf menyarankan agar jangan melihat ukuran, tetapi kualitas (acara) yang digelar. “Kita pernah gelar bazar juga dulu di sini, pengunjungnya cukup ramai,” tuturnya.

Kepada BB, Gustaf katakan hakikat dari koperasi adalah memberdayakan kesejahteraan anggota. “ Artinya kita tumbuh kembangkan koperasi ini menjadi koperasi yang sehat. Sebab, koperasi sehat, anggota sejahtera,” harapnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *