Kepala Dinas Kominfo Belitung, Berharap Penyelenggaraan IDEAS Memperkuat Promosi Belitung

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com — Jumat malam (4/7) Awarding The 2nd Indonesia DEI dan ESG (IDEAS) 2023 diselenggarakan di Urbanview Hotel Belitung Lodge Resto Air Selumar, Kec. Sijuk.

IDEAS adalah ajang kompetisi yang diadakan Humas Indonesia untuk mengukur karya-karya terbaik program komunikasi berbasis pada praktik diversity, equity, inclusion (DEI) dan environment, social, governance (ESG).

Dijadikannya Belitung sebagai tempat penyelenggaraan ajang bergengsi IDEAS tersebut, telah memberikan nilai lebih bagi Belitung. Apalagi, beberapa event skala internasional dan nasional acap kali diadakan di sini. Tentu saja, suksesnya acara penyerahan apresiasi komunikasi itu, tak terlepas dari peran Diskominfo Belitung.

Sehubungan hal tersebut, ditemui usai acara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Belitung, M. Iqbal mengatakan,’’ Kami mensupport mereka. Memang selama ini Pak Bupati dapat penghargaan, yang memang penilaiannya dari mereka. Jadi bukan sekedar kenal, lalu mendapat penghargaan,” katanya.

Event tersebut, sebelumnya diadakan di Labuan Bajo, kala itu tutur Iqbal, founder dan CEO Humas Indonesia Asmono Wikan, mengatakan berikutnya akan diadakan di Belitung. Otomatis, mereka juga meminta dukungan Diskominfo. ‘’ Kami hanya menyediakan makan minum. Untuk format acara, kita kerja sama dengan mereka,’’ terang Iqbal, seraya menyebutkan bila persiapan acara tersebut secara intens dilakukan dalam kurun waktu 2 bulan.

Dalam pandangan Iqbal, karena pesertanya berasal hampir dari seluruh Indonesia, walaupun malam ini ada yang tidak hadir. Akan tetapi, dengan sendirinya Belitung akan lebih dikenal di seluruh Indonesia. ‘’ Mereka inikan Humas, yang selalu memberikan informasi ke masyarakat ke perusahaan. Dengan harapan perusahaan bisa ke Belitung. Dan, mereka juga akan mempromosikan Belitung. Malah Pak Asmono, dengan adanya kegiatan di sini, mereka akan membranding Belitung,’’ bebernya.

Disampaikan Iqbal, kegiatan event itu sendiri, sudah di mulai sejak Rabu, meliputi wokshop, conference, visit tour ke Museum Maritim, kemudian pelepasan tukik, malamnya welcome dinner di Pendopo Tanjung Kelayang. ‘’ Kamisnya, kembali diadakan workshop dengan jumlah peserta hampir 100 orang. Dan, puncaknya malam ini,’’ katanya.

Pada kompetisi kali kedua ini, Humas Indonesia memberikan apresiasi kepada 73 pemenang. Mereka dinilai berdasarkan entry dan non entry. Untuk penilaian berbasis entry tercatat 46 pemenang dari 27 instansi. Masing-masing dari kategori Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik DEI (13 pemenang) dan 33 pemenang dari Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik ESG.

Pemenang berbasis entry adalah peserta yang telah mengikuti babak presentasi di hadapan dewan juri pada 25-27 Juni 2023. Para juri terdiri dari Asmono Wikan (Founder da CEO Humas Indonesia), Dyah Indrapati (Executive Director Institut Harkat Negeri dan Pakar DEI), Herry Ginanjar (Pendiri etKomunika dan pakar ESG), Emilia Bassar (CEO CPROCOM) dan Verlyana Hitipeuw (CEO dan Principal Consultant Kiroyan Patners).

Sedangkan untuk kategori nonentry, apresiasi diberikan pada 27 Pemimpin Berpengaruh di Media Digital. Dalam kategori ini, Humas Indonesia menggandeng NoLimit, perusahaan teknologi yang fokus memonitor dan melakukan analisis terhadap media online dengan menggunakan teknologi big data.

Adapun penilaian pada kategori ini diambil berdasarkan data-data pemberitaan di media online selama rentang waktu 1 Juli 2022 hingga 30 April 2023, dengan memonitor lebih dari 15 ribu media online dan percakapan di media sosial. (Yusnani)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *