Buka Pekan Inovasi dan Kewirausahaan Beltim, Aan Tekankan Bahwa Inovasi Suatu Keharusan

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Pekan Inovasi & Kewirausahaan Belitung Timur 2023 digelar di Auditorium Zahari MZ, mulai 08 – 10 Agustus 2023.

IMG-20240621-WA0024

Bertujuan membangun budaya inovasi di daerah, agar UMKM dan ekonomi kreatif mendapatkan hak kekayaan intelektual untuk meningkatkan nilai tambah.

Hal itu dikatakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Belitung Timur, Mathur Noviansyah, Selasa (8/8/2023).

Untuk itu, diminta agar masyarakat dan para OPD terus berinovasi dalam mengembangkan kewirausahaannya.

Disampaikan Mathur, harapannya dari Pekan Inovasi & Kewirausahaan tersebut terlaksananya diseminasi atau penyebaran informasi terkait hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang ada di Kabupaten Belitung Timur.

Sehingga inovasi-inovasi di daerah, produk-produk UMKM yang kreatif dapat terekspos, termasuk juga di dalamnya teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi pengembangan perekonomian wilayah Belitung Timur.

Dalam event itu, sebanyak 25 stand UMKM telah difasilitasi oleh Pemerintah Daerah untuk mendaftarkan HAKI produknya, pemberian penghargaan kepada 11 inovator, 4 penghargaan Teknologi Tepat Guna Pemenang IGA 2022 dan 2023.

Masih di tempat yang sama, Bupati Belitung Timur mengatakan, di era yang terus berubah dan perkembangan pesat saat ini, inovasi bukan lagi sekedar pilihan yang menjadi keharusan.

Inovasi merupakan kunci membuka pintu menuju perkembangan yang berarti dan kemajuan yang nyata, sehingga membuat perubahan sosial dan tuntutan masyarakat juga semakin kompleks.

Inovasi tidak hanya merujuk pada teknologi tinggi, tetapi juga pada perubahan dalam pola pikir, tata kelola dan strategi pengembangan.

“Fakta itu sudah sepantasnya mendorong kita untuk bersiap diri dalam menghadapi tantangan ini dengan cara-cara yang baru dan kreatif,” imbuhnya.

Dari sektor ekonomi, inovasi mendorong pertumbuhan usaha dan peluang kerja baru sehingga konteks pembangunan daerah bisa terwujud, inovasi memainkan peran sentral dalam berbagai aspek kehidupan.

“Dari sisi lingkungan, inovasi membantu kita merumuskan solusi berkelanjutan untuk masalah-masalah lingkungan yang semakin mendesak. Dari sudut pandang sosial, inovasi memungkinkan kita memberikan akses lebih baik terhadap pendidikan, kesehatan dan layanan publik bagi seluruh masyarakat,” katanya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *