M. Yulhaidir, Kepala DKPPKB Beltim, Targetkan Tahun Ini Angka Stunting Turun

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Belitung Timur, Muhammad Yulhaidir berkomitmen menargetkan stunting di Beltim turun menjadi 10 persen.

Ia menerangkan, pada tahun 2022 pihaknya berhasil menurunkan stunting diangka 16 persen dari 22,6 persen di tahun 2021 lalu. Sebutnya, kunci menurunkan stunting, saling bersinergi lintas sektor.

IMG-20240621-WA0024

“Tahun ini angka stunting kita sudah turun di 16 persen, nanti target kita akhir 2023 diangka 10 persen. Jadi 6 persen lagi target kita turunnya,” kata M. Yulhaidir kepada BB usai memperingati Harganas ke 30 tahun di ruang Pertemuan Kantor Camat Manggar, Rabu (9/8/2023).

Menurutnya, pencegahan stunting sebaiknya dilakukan pada masa awal kehamilan. Orang tua disarankan mulai menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin.

“Dari awal masa kehamilan, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu,” ujarnya

Maka dari itu, apa yang menjadi arahan kebijakan daerah sesuai apa yang telah disampaikan Bupati Beltim, di tahun 2023 untuk menurunkan angka stunting semaksimal mungkin.

Pastinya bagi Beltim sendiri, memang nilainya sudah menurun, sesuai apa yang disampaikan oleh Kepala BKKBN. Untuk itu, ia menghimbau ke depannya pola masyarakat bisa berubah, dalam artian memahami arti pentingnya hidup sehat sesuai temanya terbebas dari stunting.

“Anak-anak kita menjadi anak-anak yang cerdas, terus lahir dengan kondisi yang baik. Terpantau kondisinya, terpantau gizinya dan terpantau tumbuh kembangnya, supaya ke depan menjadi generasi emas untuk Beltim ke depan,” terangnya

Lanjutnya, di beberapa desa di Beltim sudah zero stunting. Trend positif ini, karena teman-teman dari Tim percepatan stunting Kabupaten sudah bekerja sama. “ Artinya peran pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan itu penting, supaya hasil semua lini ikut mendukung, sama-sama menggerakkan supaya stunting Beltim turun maksimal,” bebernya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *