Dengarkan Pidato Kenegaraan, Ini Tanggapan Bupati Belitung

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Sejumlah Pejabat di lingkungan Pemkab Belitung dan unsur Forkopimda, Rabu (16/8/2023) hadiri sidang paripurna di DPRD Kabuparen Belitung dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan untuk membangun landasan yang kuat guna mewujudkan Indonesia maju.

Menanggapi hal ini, Bupati Belitung Sahani Saleh ( Sanem) saat diwawancarai awak media usai acara mengatakan,” Kesimpulannya setelah menyimak pidato Presiden selama ini apa yang telah dikerjakan, termasuk saya pribadi selaku Kepala Daerah penyelenggara pemerintah ditingkat bawah telah sesuai dengan amanah konstitusi,” ujarnya.

Untuk itu pembangunan harus tetap berjalan, tidak boleh stagnan. Pembangunan Indonesia ke depan harus terus melaju karena Presiden Joko Widodo telah membangun landasan yang kuat.

Dijelaskan Sanem, melalui pidato kenegaraan Presiden Jokowi, sudah jelas tergambarkan bahwa pelaksanaan pembangunan sesuai dengan amanah dan konstitusi bangsa.

“Dalam pidatonya Presiden mengingatkan agar tidak mengirim kekayaan sumber daya alam (SDA) dalam bentuk mentah, harus dalam bentuk jadi, sehingga ada nilai tambah dari kekayaan SDA yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,” terangnya.

Karena itu lah, ia mendukung hilirisasi SDA yang dicetuskan oleh Presiden guna meningkatkan pendapatan per kapita. “ Tadi Presiden sudah menjelaskan pendapatan per kapita bisa naik menjadi tiga kali lipat apabila hilirisasi berjalan,” katanya.

Hilirisasi dan industrialisasi juga akan menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan hilirisasi semua akan menikmati.

“Kalau sekarang contohnya apabila jual pasir maka yang menikmati hanya sang Penjual, namun jika ada hilirisasi ada pabrik di situ membuka lapangan kerja dan ada usaha UMKM jadi ada multiplier effects,” tandasnya.

Meskipun pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin banyak tantangan dan dinamika yang dihadapi, salah satunya adalah bencana pandemi Covid-19.
Namun, bangsa Indonesia mampu mengatasi semua itu, sehingga pembangunan tidak stagnan dan tidak terjadi sesuatu hal yang buruk terhadap negara.

Untuk itu, kepada semua pihak untuk tetap optimis dalam menjalankan pembangunan Indonesia ke depan, terlebih lagi gambaran-gambaran yang telah disampaikan oleh Presiden dan kita harus tetap optimis dalam menjalankan pembangunan Indonesia ke depannya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *