Kasus Penyalahgunaan Narkotika di Belitung Cukup Tinggi

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Kasus penyalahgunaan narkotika di Belitung sampai saat ini cukup tinggi, Polres Belitung saja telah menangani 26 kasus penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Belitung di tahun 2023.

Kasat Narkoba, Polres Belitung, AKP Anton Sinaga mengatakan, jumlah tersebut telah melebihi target yang ditetapkan sebanyak 17 kasus.

“Anggaran penyidikan itu disiapkan untuk menyidik sebanyak 17 kasus, sampai saat ini kasus yang kami sidik sudah 26 kasus, artinya sudah over,” kata Anton dalam sosialisasi program Simpor bersama Loka POM Belitung dengan nelayan.

Untuk itu perlu adanya pengawasan ekstra para orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya, jangan sampai menjadi korban penyalahgunaan narkotika.

Lanjutnya, seperti beberapa waktu lalu, pihaknya telah menggagalkan peredaran ratusan paket narkotika jenis sabu senilai ratusan juta.

“ Berhasilnya diamankan barang bukti, kita telah menyelamatkan banyak orang, bayangkan kalau barang sebanyak itu habis terjual di Belitung berapa banyak generasi yang rusak karena narkotika,” kata Anton, selasa (15/8/2023)

Belitung sekarang ini bukan seperti Belitung yang dulu, saat ini pelaku penyalahgunaan narkotika biasanya diawali dengan penyalahgunaan obat-obatan tertentu.

“Kami bersama Loka POM Belitung sudah pernah mengamankan barang bukti berupa ratusan butir obat-obatan tertentu Tramadol,” ujarnya lagi.

Adapun ciri-ciri pengguna narkotika dapat dikenali baik secara fisik, emosi, dan perilaku seperti penurunan berat badan, matanya cekung, sensitif mudah atau cepat marah apabila anak kita berubah dari biasanya dan seperti ini maka silah kan lapor.

“ Orang tua tidak perlu malu jika anaknya diamankan karena kasus narkoba, karena mereka ini sebenarnya adalah korban. Jadi harus kita selamatkan, peran orang tua sangat penting,” imbuhnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *