Hadiri Seminar Budaya, Kajari Belitung Sebut Keragaman Budaya Merupakan Daya Tarik Wisata

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com — Hadir dalam seminar budaya di Aula Politeknik, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Belitung, Lila Nasution dukung PJ Gubernur untuk melestarikan adat dan budaya di Belitung, Senin (18/9/2023)

Sebutnya, adat dan budaya adalah warisan bangsa yang tak boleh dihilangkan, justru nilai-nilai tersebut harus diperkuat eksistensinya untuk kemudian ditransformasikan dan re-aktualisasi secara rasional.

IMG-20240621-WA0024

“Tidak bisa dinafikan bahwa khasanah budaya yang tersembunyi dan tersimpan, memerlukan tafsiran ulang agar mendapatkan penyegaran makna dan memberikan arti bagi kehidupan,” tutur Lila dalam seminar budaya

“Budaya yang unggul itu, jika diberikan roh baru dan direvitalisasi, akan mampu memberikan kontribusi dalam kesejahteraan manusia, sekaligus menjawab tantangan budaya global,” tambahnya.

Sehingga adat dan budaya diharapkan mampu tetap eksis di tengah modernisasi dan bisa beradaptasi dengan perubahan zaman, terlebih lagi Babel memiliki destinasi wisata yang berpotensi.

Dari situ keragaman budaya dapat dijadikan sebagai potensi daya tarik wisatawan untuk mengembangkan pariwisata berbasis budaya sehingga tema “Our Culture, Out Future” sangat tepat, karena sifatnya mengajak semua pihak untuk berpikir jauh ke depan bahwa budaya menjadi suatu yang harus dijaga eksistensinya.

“Tapi paling penting bagaimana kita menyikapi perkembangan zaman dan teknologi yang lambat laun bisa menggerus nilai-nilai adat dan budaya,” ujarnya.

Menurut Lila, upaya yang harus dilakukan adalah memperkuat hal yang erat kaitannya dengan kemampuan kita untuk tetap menjaga, merawat dan melestarikan adat dan budaya yang dimiliki, dalam rangka menjaga merawat dan melestarikan nilai-nilai dan budaya itu sendiri.

“Ini harus kita jadikan catatan penting untuk pengembangan kebudayaan dan pariwisata, serta pertumbuhan ekonomi masyarakat ke depan,” pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *