Pj Gubernur Babel Katakan Sebagai Daerah Wisata, Budaya di Belitung Harus Ditingkatkan

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Pejabat (Pj) Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu himbau untuk tidak meninggalkan budaya, karena Belitung daerah destinasi wisata.

“Sebagian besar wisatawan datang ke daerah kita itu karena budayanya,” kata Suganda Pj Gubernur Babel dalam seminar budaya di Aula Politeknik Belitung yang mengangkat tema “Our Culture, Out Future”, Senin (18/9/2023)

IMG-20240621-WA0024

Menurutnya, budaya masih menjadi nilai tertinggi dalam kemajuan pariwisata. Bangka Belitung sendiri memiliki 1.785 Pemajuan Kabudayaan tersebar di Kabupaten/Kota yang memiliki potensi destinasi wisata berdasarkan Pokok-pokok Kebudayaan Kabupaten/Kota tahun 2018-2023.

“Mungkin masih banyak juga yang belum terdata, disini lah tugas kita dalam seminar ini untuk membahasnya,” ujar Suganda.

Sebutnya, pariwisata budaya di dalamnya terdapat aspek/nilai adat istiadat sehingga pariwisata dan budaya erat kaitannya dengan daya tarik wisatawan.

“Daya tarik wisata budaya adalah daya tarik wisatawan berupa hasil olahan, cita rasa dan karsa manusia sebagai makhluk budaya,” bebernya lagi.

Bila merujuk dengan undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, budaya berdasarkan pada kebutuhan guna memperluas pandangan hidup dengan melakukan kunjungan atau peninjauan ke suatu tempat yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri dengan mempelajari keadaan rakyat, kebiasaan dan adat istiadat.

Namun pengaruh globalisasi menjadi sebab utama bangkitnya kembali identitas budaya lokal di berbagai belahan dunia. Sehingga, semakin homogen gaya hidup masyarakat kepada nilai – nilai budaya, dan kearifan lokal yang lebih dalam

Globalisasi dapat mempengaruhi budaya bangsa sebab globalisasi menyebabkan masuknya budaya asing dari luar. Budaya asing ini membuat budaya sendiri berubah bahkan dilupakan jika tidak memiliki benteng yang kuat. Hal tersebut menjadikan globalisasi sebagai sebuah tantangan kita sendiri. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *