Kejar Peluang Ekspor, Belitung Tindak Lanjuti Kerja Sama Dengan Uzbekistan

oleh

Belitung, belitongbetuah.com – Bupati Belitung akan terbang ke Kota Bukhara Republik Uzbekistan untuk menghadiri tindaklanjut perjanjian kerja sama antara Belitung dan Uzbekistan pada Oktober 2023 mendatang.

Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, ada 8 (Delapan) bidang peluang kerja sama antara Belitung dan Bukhara yaitu pariwisata, perikanan, UMKM, tekstil, perbankan, edukasi, Geopark dan pertanian dengan konsep sister city

“Kerja sama nantinya dilakukan langsung secara business to business,” kata Sanem usai pembahasan bersama lintas sektor, Jumat (22/9/2023) bersama Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abduazimon di Ruang Sidang Pemkab Belitung.

Sebagai tindaklanjut, Sanem akan menggelar pertemuan kembali sekaligus menggelar pameran bersama pelaku wisata dan pelaku UMKM, sehingga bisa langsung menjajaki peluang yang ada.

Peluang ini, ia tawarkan kepada pelaku usaha yang tertarik dalam tindaklanjut kerja sama tersebut. Kerja sama ini termasuk pertukaran produk.

Untuk Belitung, negara tersebut menawarkan produk buah-buahan impor dan makanan kering. Begitu juga dengan Belitung, akan mengekspor buah-buahan tropis asal Belitung.

“Kita akan impor buah segar dan buah kering dari Uzbekistan untuk masuk ke Belitung termasuk ke hotel-hotel,” beber Sanem.

Sementara, produk ikan segar maupun buah tropis asal Belitung akan dipasarkan juga ke 15 Negara tetangga Uzbekistan.

“Penerbangan langsung dari Uzbekistan ke Indonesia yang dilayani oleh Uzbekistan Airways akan semakin memantapkan kerja sama,” terang Sanem lagi.

Penerbangan langsung dari Uzbekistan ke Indonesia hanya memerlukan waktu 7 jam 45 menit sehingga produk ekspor Belitung masih dalam kondisi segar saat tiba di sana.

Dubes Uzbekistan sendiri, sudah meninjau ke cold storage Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjung Pandan, sehingga mereka merasa yakin bahwa produk ikan segar kita (Belitung) memiliki kualitas yang baik ketika sampai di negara itu. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *