Ahmad Vikramsyah, Siswa SMK N 1 Manggar, Wakili Babel Pada Ajang LKS Tingkat Nasional

oleh

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Ahmad Vikramsyah, murid kelas 12 Jurusan Tenik Kendaraan Ringan (TKR) SMK N 1 Manggar, akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Surabaya pada 23 – 29 Oktober 2023 mendatang.

Dijelaskan Kepala Sekolah SMK N 1 Manggar, Triyudo Hendro Sasongko, pihaknya mewakili Babel setelah memenangkan LKS pada tingkat Provinsi, Agustus lalu dengan torehan terbaik di bidang Automobile Technologyteknik.

Vikram akan bersaing dengan perwakilan SMK dari seluruh Provinsi. “Mudah-mudahan bisa bersaing dan memenangkan lomba. Jumlah peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia,” kata Hendro kepada BB di ruang kerjanya, Selasa (10/10/2023)

Lomba Kompetensi Siswa merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. LKS dilakukan sebagai tolak ukur dalam rangka peningkatan mutu lulusan sekolah menengah kejurusan yang berkualitas dan kompeten.

Penyelenggaraan LKS sebut Hendro lagi, merupakan wujud nyata, sebagai salah satu upaya dalam pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan Pemerintah. Sehingga siswa SMK di Babel bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai standar pasar kerja.

Hendro merasa bangga anak didiknya bisa berkompetisi dengan di tingkat Nasional mewakili Provinsi Babel.

Jenis mobil (kendaraan ringan) yang akan diperlombakan, sesuai dengan juknis perlombaan. Jenis mobil tersebut, tidak ada orang yang menggunakannya di Beltim.

“Kemaren kami sampai ngadap pak Aan (Bupati Beltim), nyari solusi. Bagaimana anak kita ini biar ada materinya, karena ada unitnya, tapi tidak ada orang yang menggunakan di sini, adanya di Jakarta,” jelas Hendro.

Bangga dengan karya muridnya, ia langsung mendatangkan orang dari institut astra mobil, agar siswanya bisa mendapatkan materi, sehingga mendapatkan hasil yang baik pada LKS ditingkat nasional nanti.

“Jadi kalau mobilnya dibawa ke sini biayanya gede, makanya kemaren Dinas Pendidikan Provinsi mendatangkan orang dari Astra ke sini untuk melatih anak-anak kita,” ujarnya.

Saat ini Vikram sedang dilatih untuk persiapan LKS mendatang, mengenai “Engine, dasar-dasar teknik kendaraan ringan, engine tune-up, Charis, sistem pengereman, sistem suspensi, kelistrikan body, sistem penerangan, wiper and Washer,” beber Hendro lagi.

Ia berharap, anak didiknya bisa mendapatkan nilai terbaik. Mengingat, sejak 4 tahun lalu dirinya menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMK N 1 Manggar, baru kali ini siswanya berkesempatan mewakili sekolah dan daerah.

Dalam lomba tingkat nasional ini, Hendro memasang target, masuk 10 besar. Ia percaya, Vikram bisa meraih target yang diharapkan, sebab pada tingkat Provinsi, Vikram berhasil membawa satu unit mobil.

“Sekolah juga memberikan apresiasi berupa uang Rp 5 juta kepada Vikram. Mobil yang di dapatnya, bukan untuk pribadi, tapi untuk praktek di sekolah,” tutur Hendro.

Pada LKS tingkat Provinsi, selain Vikram, anak-anak SMK N 1 Manggar, juga berhasil meraih hasil terbaik di antaranya Theresia Handayani meraih peringkat terbaik II di bidang lomba Grafic Design Technology. Kumudian, Najwa Varista dan Danisa Febriananda, meraih peringkat terbaik III di bidang lomba Cyber Security. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *