Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem, Isyak Bersama Tim Tinjau Langsung ke Lapangan

oleh

Tanjung Pandan, belitongbetuah.com – Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem meninjau masyarakat miskin ekstrem di dua desa yakni Desa Air Saga dan Desa Pelempang Jaya Kecamatan Tanjung Pandan, Senin ( 20/11/2023).

Wakil Bupati Belitung Isyak Merobie sekaligus sebagai Ketua Tim, bertemu langsung dengan Thalib. Thalib yang berumur 61 tahun, tinggal sendirian di rumah kontrakan milik Kunoy, yang berada di pinggir jalan Pak Tahau, Dusun Aik Kesumbong, Desa Air Saga.

Diceritakan Kunoy, Thalib sudah tinggal di kontrakannya sekitar 5 tahun lalu. Mengetahui Thalib tinggal sendirian, tidak punya tempat tinggal dan tidak punya pekerjaan, oleh Kunoy, Thalib dibebaskan dari biaya sewa bulanan.

“Jadi kate aku tinggal aja di sini gak ape-ape,,’’ kata Kunoy, mengisahkan awal mula Thalib menempati kontrakannya kepada salah seorang Tim.

Sebenarnya sambung Kunoy, di kontrakan itu sudah ada beberapa orang yang ingin menyewa untuk usaha. Cuma tidak ia berikan, karena merasa kasihan kepada Talib.

Kunoy juga menuturkan pada dasarnya, keluarga Talib, bukan keluarga yang tidak mampu, malahan ada yang bekerja di Pemerintahan Daerah. Hanya saja, Kunoy mengaku tidak tahu pasti, mengapa Thalib tidak ingin tinggal bersama keluarganya.

Kunoy menyebutkan kondisi Thalib sekarang dalam keadaan sakit, setiap malam Thalib sering batuk-batuk, walau secara kasat mata, kondisi fisik dan kesehatannya tidak apa-apa.

Mendengar keterangan dari si pemilik kontrakan itu, Isyak Meirobie meminta agar Puskesmas setempat turun dan mengecek langsung keadaan Thalib.

Sehubungan kegiatan tersebut, Yanzir Kepala Dusun Air Kesumbong bersyukur Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem langsung turun dan meninjau warganya.

Yanzir juga menyampaikan bila Wakil Bupati, akan membantu dengan cara membuatkan rumah untuk warga dan mencarikan pekerjaan ringan bagi masyarakat dalam rangka menuntaskan kemiskinan esktrim di Kab. Belitung.

Terkait rencana tersebut, Yanzir meminta agar ada komitmen seperti yang diutarakan kepada masyarakat. “ Jadi tidak sebatas peninjauan saja, tapi harus ada komitmen,” ujarnya.

Menurutnya, kemiskinan esktrim sangat penting dituntaskan agar masyarakat di desanya, sejahtera dan tidak ada lagi masyarakat miskin ekstrem di Desa Air Saga.

Komitmen Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem
Isyak Merobie mengatakan melalui komitmennya, ia akan menuntaskan masyarakat yang masuk dalam data kemiskinan ekstrem.

‘’Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita sudah punya solusi, dan orang-orang yang kita temui pada hari ini sudah bisa keluar dari kemiskinan ekstrem,’’ kata Isyak kepada BB.

Lebih lanjut ia katakan, berdasarkan hasil kunjungan ada satu penduduk yang sudah tidak layak masuk dalam data kemiskinan ekstrem sebab sudah memiliki penghasilan yang diberikan anaknya dengan nominal lumayan besar. Anaknya sekarang bekerja di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *