Wabup Belitung Minta 5 Hal Diperhatikan, Guna Kendalikan Inflasi Jelang Nataru 2024

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com — Jelang Nataru, Belitung sudah membukukan 2 kali inflasi tertinggi year on year. Untuk mengendalikannya ada 5 hal yang harus diperhatikan. Yaitu memperhatikan cabe, ayam ras, ikan, tembakau/ rokok, terakhir keperluan sehari-hari seperti sembako dan gas 3 kilo.

Hal ini disampaikan Isyak Meirobi, Wakil Bupati Belitung, usai Rakor antisipasi kesediaan stok dan harga bahan pokok jelang Nataru, Selasa {5/12/2023. Sebagai Wakil Ketua Tim TPID, terkait 5 hal tersebut, ia meminta agar suplay cabe harus dikendalikan. Kemudian, untuk ayam ras, ia meminta harga di pasar harus dikontrol. ‘’ Harga dari Peternak sudah bagus, sudah di bawah. Tapi harga yang di pasar terlalu tinggi,’’ katanya.

IMG-20240621-WA0024

Selanjutnya, kepada para Pengusaha ikan, ia himbau bisa membantu Pemerintah. Berikutnya, terhadap tembakau atau rokok, disarankan Isyak agar berhati-hati. Sementara itu, terhadap kebutuhan sehari-hari dan gas 3 kilo sudah ditangani Bulog dan Pertamina.

‘’ Saya yakin, ini aman. Jadi, atensinya hanya ke-5 hal itu. Sehingga minggu depan, setelah rakor, kita bisa monitoring, 2-3 hari sekali, sampai akhir tahun. Supaya bisa memastikan bahwa inflasinya, bisa kita jaga,’’ imbuhnya.

Bila melihat dari 5 poin yang harus diperhatikan, untuk cabe, ayam ras dan ikan, bukankah komoditas ini saban tahun sebagai penyumbang inflasi di Belitung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *