Sebanyak 581 Murid, Terima Beasiswa SIMPOR: Nilainya Naik Rp 250 Ribu, Dibandingkan Tahun Lalu, Tahun Depan Naik Lagi

oleh -

Belitung, belitong betuah.com – Sebanyak 581 orang murid terima beasiswa dari program SIMPOR (Sistem Pendampingan Pendidikan dan Olah raga), terdiri dari 370 murid SD dan 211 murid SMP, dengan nilai sebesar Rp 750.000/ orang. Nilai ini naik sebesar Rp 250.000 dibandingkan tahun lalu, dan sudah dianggarkan, meningkat jadi Rp 1 juta pada tahun depan.

Acara penyerahannya, dilakukan di Gedung Nasional pada Senin (11/12), dihadiri Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), Wakil Bupati Isyak Meirobie dan Sekretaris Daerah Hendra Caya, serta undangan lainnya.

IMG-20240621-WA0024

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung, Drs. Soebagio dalam sambutannya menerangkan SIMPOR merupakan program inovatif berupa bantuan beasiswa pendidikan bagi siswa-siswa dengan latar belakang ekonomi kurang mampu dalam bentuk voucher belanja guna memenuhi kebutuhan sarana perlengkapan sekolah jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Belitung.

Juga salah satu dari 16 program inovatif Pemkab Belitung masa Kepemimpinan Sahani Saleh dan Isyak Meirobie. Di mana program tersebut bentuk komitmen mereka dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Selain menyerahkan beasiswa, pada kesempatan itu diberikan dana insentif sebesar Rp 2,4 juta/ orang kepada para Tokoh Adat/ Dukun Kampung se-Kabupaten Belitung. Pemberian dana tersebut masuk dalam program inovatif lainnya yaitu KEMINANGAN (Kearifan Lokal dan Adat Istiadat Sebagai Inspirasi Pembangunan).

“Sebagai bentuk apresiasi kepada Tokoh Masyarakat/Adat yang telah berperan dalam menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang ada, maka Pemkab Belitung memberikan dana insentif, yang penyerahannya kita lakukan pada hari ini juga,’’ ujar Soebagio.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, saat ditemui usai acara, Sanem mengatakan dirinya bersama dengan Pak Isyak, bersyukur bila kedua program ini yakni Simpor dan Keminangan berjalan. Begitu pula dengan program lainnya, yang masuk dalam 16 program inovatif.

Sanem akui meski berjalan dengan baik, akan tetapi kadang tak terlepas juga dari segi anggaran. ‘’ Karena memang ada keterbatasan juga, sehingga memang perlu selektif. Jadi kita tidak sembarang. Karena selektif, kita membuat kriteria-kriteria yang mana menjadi skala prioritas,’’ ujar Sanem.

Lebih lanjut, ia ungkapkan, ketika dirinya dan Pak Isyak , sewaktu akan dipasangkan dalam Pilkada, mereka tidak berpikir dulu akan kemenangan. Namun, lebih berbicara mengenai program dan agenda apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan pembangunan di Belitung pada setiap sektor.

Setelah sepakat dan tahu apa yang harus dilakukan, baru bicara tentang kemenangan. Sebab untuk mewujudkan program tersebut harus menang. Dan, kini di sisa-sisa minggu terakhirnya masa jabatan mereka, Sanem mengatakan,’’ Alhamdulillah, ini berjalan,’’ katanya.

Laporan Lainnya

Selain melaporkan pemberian beasiswa dan dana insentif tersebut, hal lain yang disampaikan Soebagio prestasi para siswa, dalam bidang Olah raga dan Seni. Pada ajang 02SN SD Tingkat Provinsi Babel, Belitung menjadi Juara Umum 1 dan Juara Umum ke-3 untuk O2SN SMP.

Selanjutnya, di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Nasional 2023, tiga orang siswa asal SDN 22 Sijuk, mewakili Provinsi Babel memperoleh Juara 1, kategori seni tari tingkat Sekolah Dasar.

Di paparkan pula, wujud komitmen Pemkab Belitung dalam mendukung program transformasi pendidikan Pemerintah Pusat, tahun ini telah terpenuhinya pengadaan sarana dan prasaran pembelajaran dalam bentuk kegiatan fisik dan bantuan barang/ alat pembelajaran kepada satuan pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP.

Terakhir, Soebagio menyebutkan dari hasil Raport Pendidikan, atas hasil uji kompetensi Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diikuti siswa jenjang SD dan SMP, terjadi kenaikan yang signifikan dari hasil tahun sebelumnya.

‘’Untuk penilaian 3 kompetensi dasar yakni literasi, numerasi dan karakter. Literasi dan karakter, nilainya di atas standar 60%, sedangkan numerasi masih di bawah 50% standar minimum. Namun itu sudah kita lakukan evaluasi dengan melakukan penguatan dan intervensi dalam bentuk program kegiatan pada tahun mendatang,’’ beber Soebagio. (Yusnani)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *