Peringati Hari Ibu dan HUT GOW Tahun 2023, Berbagai Lomba Digelar

oleh -

Belitung, belitong betuah.com – Dalam rangka memperingati hari ibu Ke-95 dan HUT Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ke 59 Tahun 2023, berbagai lomba di adakan. Puncak peringatannya diadakan Rabu (13/12) bertempat di Gedung Serba Guna, Pemkab Belitung.

Disampaikan Kasimin, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA), GOW merupakan gabungan organisasi perempuan yang ada di Belitung.

IMG-20240621-WA0024

Dalam setiap peringatannya, berbagai lomba di adakan, yang mencerminkan kegiatan dari kaum ibu. “ Tahun ini, Alhamdulillah ada lomba fardhu kifayah. Mandi jenazah. Pesertanya dari 5 kecamatan. Antusias, ibu- ibu dalam lomba ini lumayan tinggi,” katanya.

Lomba ini diadakan lantaran, ibu- ibu yang biasanya mandi jenazah untuk perempuan sudah banyak berkurang di masyarakat, disebabkan faktor umur. Sebab ujar Kasimin, tidak mudah, mencari orang yang bisa dan mau memandikan jenazah, sehingga kegiatan tersebut perlu di adakan.

Sebagai Dinas yang menaungi organisasi perempuan, Kasimin menyatakan harapannya terhadap peran perempuan di jaman sekarang. “ Karena di situ ada pemberdayaan perempuan, kita berusaha untuk menjadikan agar kaum perempuan lebih berdaya, baik di lingkungan agama, sosial, politik dan pada semua sektor,” ungkapnya.

Terkait dengan kiprah perempuan dalam bidang politik, dia katakan bagaimana ke depannya yang dilegislatif bisa mencapai 30 persen. “ Jadi mudah- mudahan keterwakilan perempuan di DPRD tinggi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua GOW Kab. Belitung, Sri Wahyu Widyawati, mengatakan sebanyak 23 organisasi yang ada di sini, tergabung dalam GOW. “ Cuma yang aktif benar, ada 20 organisasi,” tuturnya.

GOW sendiri lanjutnya, merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah. Sehingga kegiatan GOW, sesuai dengan program pemerintah. Sehubungan hal ini, GOW rutin melaksanakan pertemuan, dan selalu melibatkan OPD. Selain untuk menjalin silaturahmi dan mempererat persatuan, juga bisa menambah pengetahuan bagi ibu- ibu.

Lomba ini sendiri mulai di adakan 20 November lalu,” Dan, puncaknya hari ini,” terang Sri, saat ditemui usai acara.

Adapun lomba yang dilaksanakan, selain memandikan jenazah, yakni senam bedincak, menu makan siang non beras, rabana, menghias tumpeng serta membuat hantaran pengantin.

“Kita juga pernah melakukan anjangsana. Kalau anjang sana itu, yang didanai dari Pemerintah ada 100 paket, untuk 4 desa. Desa Ibul, Cerucuk, Juru Seberang dan Desa Dukong. “

“Terus yang dari GOW sendiri ada 20 paket, itu kita laksanakan door to door. Pengurus mengunjungi ke rumah- rumah dhuafa yang perlu dibantu,” tambahnya.
Senada dengan Kasimin, ia juga berharap agar keterwakilan perempuan di Legislatif, meningkat. (Yusnani)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *