Vina Gelar Sunatan Massal Gratis di Poskonya: Manfaatkan Liburan Sekolah, Pulangnya Bawa Hadiah

oleh -

Belitung, belitong betuah.com — Sedari pukul 08.00 wib, puluhan orang tua berkumpul di Posko VCF (Vina Crystin Ferani) di Jalan Sriwijaya, tepatnya samping Babel Mart, pada Selasa (26/12). Mereka mengantarkan anak laki-lakinya untuk melakukan sunatan massal yang diadakan Vina Anggota DPRD Belitung.

Anak-anak yang sudah terdaftar, dipanggil satu persatu. Mereka umumnya, di temani sang bunda, masuk ke ruangan khusus, tempat para tenaga medis melakukan proses menyunat, yang berdasarkan pantauan di lapangan tak begitu lama.

IMG-20240621-WA0024

Kebanyakan dari anak-anak tersebut, memakai peci, dan tak lupa membawa kain sarung. Sambil menunggu giliran, ada yang bermain HP, ada yang saling bercanda, dan ada pula yang duduk tenang, diam tak ngapa-ngapain.

Di temui di sela-sela acara, Vina mengatakan jumlah kuota sunatan massal ada 60 anak, namun karena banyaknya peminat, akhirnya kuota di tambah, jadi 65 orang. Sebenarnya, ada banyak lagi anak-anak yang ingin sunatan, akan tetapi mengingat keterbatasan panitia, keterbatasan waktu, serta kemampuan tenaga medis yang berjumlah 5 orang, maka cuma bisa menambah 5 orang saja, dari kuota yang sudah ditetapkan.

Untuk kegiatan sunatan massal tersebut, disampaikan Vina sudah jauh-jauh hari diinformasikan kepada masyarakat, ternyata antusiasnya cukup tinggi. Apalagi sekarang, momen anak-anak liburan sekolah. ‘’ Jadi anak-anak, habis sunatan, mereka bisa istirahat,’’ katanya.

Selain bertepatan dengan waktunya liburan sekolah, sunatan massal juga masuk dalam waktu kampanye. Dalam konteks ini Vina mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan bakti sosial memang selalu mereka lakukan, bahkan jauh sebelum masa-masa kampanye.

Terhadap kegiatan itu, ia menuturkan, bila dirinya bukan hanya kampanye, tapi juga melakukan bakti sosial,” Supaya kehadiran saya bisa memberikan manfaat juga kepada masyarakat,’’ ujarnya.

Setelah sunatan sambung Vina, 3 hari lagi anak-anak ini datang lagi kemari, melakukan chek up dan melepas jahitan. Untuk usia peserta itu bervariasi,’’ Tadi, ada yang usianya dari 4,5 tahun, ada juga yang umurnya 11 tahun,’’ bebernya.

Selain disediakan makanan, anak-anak juga pulangnya mendapatkan hadiah, dalam tentengan tas berwarna merah.

Senada dengan Vina, dr. Ikhwan Gusnadi yang turun bersama 4 tenaga medis lainnya, mengatakan dilihat dari peminatnya, cukup banyak, mengingat ini liburan sekolah.

‘’ Kegiatan ini membantu masyarakat. Kalau kami sebagai tenaga medis, siap saja. Tidak memandang siapa yang ngundang, siapa yang ngajak. Yang penting untuk kegiatan sosial masyarakat, bagi kami tak masalah,” ucapnya.

Ia melanjutkan, semua anak-anak dikhitan dengan baik, dan sampai mereka sembuh nanti, mudah-mudahan tak ada masalah, tak ada komplikasi.

“ Kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi yang lain, mungkin dilakukan di wilayah lain, dengan kegiatan yang sama. Bagi saya buat masyarakat lah, kalok saya sih itu aja,’’ ujarnya, mengenai kegiatan tersebut.

Kepada anak-anak yang telah melakukan sunatan, Dia tekankan areal yang disunat jangan sampai basah, kemudian jangan melakukan aktivitas yang berbahaya. Untuk makanan, tidak ada yang mesti dihindari.

Terkait sikap anak-anak yang melakukan sunatan, dr. Ikhwan menjelaskan, bila itu tergantung pada anak itu sendiri. Ada anak yang penakut, ada anak yang pemberani, sehingga usia tidak mempengaruhi, serta tidak berpengaruh pula apakah mereka butuh kesiapan. Yang berpengaruh adalah karakter mereka.

‘’ Mungkin ada yang takut, tapi setelah melihat kawannya berani, jadi ia pun ikutan berani. Tadi ada yang kecil, dia tidak nangis, tapi abangnya nangis. Jadi umur berapa saja boleh dikhitan. Cuma kalau anaknya tenang, nyunatnya mudah. Tapi kalok yang ribut, nangis-nangis tentu agak sulit.’’

‘’ Terus, kalau dia tenang, kita juga bisa tenang. Lebih rapi, dan cepat sembuh. Kalau dia goyang, kadang kita buru-buru. Jadi kurang rapi, jadi proses penyembuhannya agak lebih lama. Kalau anaknya tenang, kita bisa lihat. Jadi, tidak pengaruh dengan kesiapan mereka,’’ tukasnya. (Yusnani)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *