Dalam Aksi Damai, Masyarakat Sindir Bupati Belitung

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Masyarakat Membalong yang melakukan aksi damai terkait konflik dengan PT Foresta, sindir Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), di sisa hari jabatannya, yang selesai pada 31 Desember 2023.

Sindiran tersebut dilakukan massa dengan memutar ulang rekaman Bupati Belitung pada aksi demo pertama, pada 10 Juli 2023 di tempat yang sama, di halaman Kantor Bupati.

Rekaman ulang yang ditayangkan berupa ajakan kepada masyarakat untuk memotong dan membakar pohon kelapa sawit. Lalu, di hadapan Sanem , massa melakukan aksi memotong bibit kelapa sawit menggunakan replika gergaji mesin.

Setelah menayangkan rekaman tersebut, Ricky Guswanda yang berdiri di sebelah kiri Bupati Belitung, angkat bicara. Dalam orasinya, ia katakan, “ Mungkin, Pak Sanem masih ingat dengan kalimat itu dan juga masih ingat suara siapa dalam rekaman itu,” ujar Ricky.

Sebutnya, apa yang disampaikan Pak Sanem pada aksi demo pertama, sudah dipraktikkan masyarakat. Tapi Cuma satu yang kurang dari ucapan Pak Sanem, pada saat masyarakat melakukannya. Tidak ada Pak Sanem pada saat itu, padahal Pak Sanem sendiri yang berbicara, bahwa dia yang akan mimpinnya.

‘’Dan ini adalah simbol bentuk tindakan provokatif yang dilakukan Pak Sanem, dan sudah di praktikan masyarakat, dan sampai sekarang 11 kawan kami sedang di dalam penjara,’’ tukasnya.

Ia melanjutkan, ‘’Ini (Bibit Pohon Kelapa Sawit) akan kami berikan kepada Pak Sanem, kepada ATR/BPN kepada Dinas Perkebunan, kepada DPR, sebagai bentuk bahwa konflik ini belum selesai, dan harus diselesaikan oleh negara,’’ katanya lagi.

Tak lama kemudian, Sanem mengajak beberapa perwakilan massa untuk ke Ruang Rapat Bupati. Dalam audiensi itu, Aryandi salah seorang perwakilan massa menanyakan, apa yang dilakukan Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) di sisa masa jabatan kepada masyarakat yang berkonflik dengan perusahaan perkebunan sawit tersebut.

Pertanyaan tersebut di jawab Sanem, nanti akan ada Pj Bupati Belitung yang akan menyelesaikan ini. “ Pj Bupati itu, Pak Yuspian, orang Belitung Timur yang sebelumnya pernah lama bertugas di Membalong,” katanya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *