Diskominfo Belitung Luncurkan Aplikasi BESTY: Ecxellent Service Dalam Suatu Super Apps

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com — Bersamaan dengan diresmikannya gedung baru kantor DPMPTSPP, pada Rabu (27/12) diluncurkan pula aplikasi BESTY (Belitung Smart City). Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan akses dan meningkatkan keterjangkauan layanan publik di Kab. Belitung. Tersedia di Google Play Store, kata kunci BESTY Belitung Smart City.

Aplikasi ini merupakan hadiah kepada masyarakat Belitung, sebagai kenangan atas kepemimpinan Sahani Saleh dan Isyak Meirobi, selaku Bupati dan Wakil Bupati Belitung, yang pada 31 Desember 2023, masa jabatannya berakhir. Telah menampung lebih dari 90 persen aplikasi-aplikasi yang diperlukan baik oleh masyarakat maupun di lingkungan pemerintahan sendiri.

IMG-20240621-WA0024

M. Iqbal Kepala Diskominfo Belitung, saat ditemui usai acara menerangkan salah satu aplikasi terbaru yang dapat diakses melalui BESTY adalah Geoportal, yakni aplikasi yang menampilkan data-data dalam bentuk peta atau map. Biasa dikenal sebagai GIS (geoportal integrated system), hasil kerja sama antar Pemkab Belitung dengan BIG (Badan Informasi Geospasial).

Disampaikannya lagi, pada tahun 2020 pihaknya difasilitasi Kementerian Kominfo untuk menyusun program smart city, yang mencakup 6 dimensi. ‘’ Jadi ada smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment,’’ ujar Iqbal.

Smart governance sambungnya terkait pelayanan administrasi publik seperti perijinan, kependudukan, serta layanan data dan informasi Kab. Belitung. “ Di menu ini tersedia aplikasi geoportal tadi,’’ katanya.

Selanjutnya, untuk mengetahui informasi dan data-data pariwisata, dapat ditemui di smart branding. Pada smart economy, pengguna dapat mengakses data-data mengenai informasi seputar perekonomian dan bisnis, sementara itu layanan tentang pendidikan, sosial dan perpustakaan bisa di akses di smart society. ‘’ Untuk kemudahan layanan pendidikan, kami juga menyiapkan aplikasi PBDB, ini kan di jaman covid kemarin sangat berarti. Masyarakat tidak perlu datang, cukup dari rumah mereka bisa mendaftar,’’ tutur Iqbal.

Pada menu smart living, memberikan informasi sehubungan dengan layanan di bidang kesehatan serta tata ruang. Ada pula smart environment, di sini pengguna akan dapat mengetahui informasi yang berkenaan dengan layanan lingkungan hidup.

‘’ BESTY merupakan seluruh aplikasi yang ada di Dinas Pendidikan, di Catatan Sipil, di Rumah Sakit, di PUPR, di Dinas Lingkungan, di Perizinan, dan lainnya, itu bergabung dalam satu aplikasi. Jadi, orang tinggal buka di BESTY aja, di situ sudah ada informasi layanan yang dapat diakses dengan mudah,’’ terang Iqbal.

Ia menambahkan, selain 6 dimensi tersebut yang jadi fitur utama, aplikasi BESTY juga menyediakan beberapa fitur lainnya. Seperti menu SPBE untuk mengakses aplikasi pemerintahan. BESADU, di mana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan tentang layanan publik.

Menu fasilitas umum dan menu live cctv. ‘’ Jadi masyarakat bisa melihat cctv yang ada, memang belum semua aktif. Kita lagi dalam proses juga, jadi nanti semua akan aktif. Ada sekitar 30 cctv, untuk 10 titik,’’ katanya.

Lebih lanjut Iqbal sampaikan, smart city sudah berjalan, dan tiap tahun dievaluasi. ‘’ Jadi aplikasi-aplikasi di situ, akan selalu di update. Seperti salah satunya, portal Belitung satu data, itu tiap tahun di update, dan tahun ini sudah hampir 622 data set. Jadi kawan-kawan kalau mau cari data, tinggal buka Portal Belitung satu data,’’ terangnya.

Selain itu, ada pula menu panick button, di mana kita bisa menelepon kegawat daruratan medik, tim tanggap cepat, DAMKAR dan Sentra Pelayanan Kepolisisan Terpadu. Di samping itu, ada fitur Prakiraan Cuaca yang langsung di akses dari data BMKG.

Dengan diluncurkannya Aplikasi BESTY ini ujar Iqbal, masyarakat akan lebih mudah mengakses data, mengakses informasi dan layanan yang ada di aplikasi. Inovasi ini merupakan bukti dari kesungguhan pemerintahan untuk memberikan layanan publik secara prima. (Yusnani)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *